image

MALU-MALUIN (lagi) #episode KRS-an

Waktu itu hari selasa tanggal 8 februari 2011, gue masih inget banget, yes (tumben)..

Saat itu, gue mau ke kampus, rencananya sih mau KRSan dan konsultasi dengan PA. Pas nyampe di kampus, gue bingung mau ngapain, gue masih bingung KRSan tu gimana (maklum MABA getooh). Gue deg-degan, takut, suasana parkiran tempat gue berdiri serasa mencekam. Mana temen gue gak ngangkat telpon dari gue, sms kagak dibales, huh, kemana sih tu anak. Untungnya pas di parkiran, gue dapet temen, si nurul, kebetulan juga PA kita sama. Langit serasa ceraaaah banget. Tapi langitnya mendung lagi, soalnya temen gue juga gak tau KRSan tu gimana. Hedeeeehhh.


Dengan bermodalkan nekat dan pede dengan tingkat yang kelewat berat, kami berdua pun menyusuri lorong kampus, aduh, salah, koridor maksyud gue (emangnya tikus apa, lorong??) di sana kami bertemu dengan teman sekelas kami. Namanya gak usah disebutin, gak penting, haha. Oke deh, namanya ipung. Kami berdua ngliet si ipung ngantri (untung bukan ngantri beras miskin) di depan KASUBAG PENDIDIKAN. 

Dia dikasih selembar kertas biru sama pak satpam yang nampak kewalahan melayani mahasiswa-mahasiswa yang gak sabaran. Gue sama nurul otomatis langsung nanya dengan polosnya “itu buat apa pung?” pertanyaan yang konyol, karena kertas itu memang wajib diambil untuk mengisi mata kuliah yang akan diambil. Maklumlah, gue sama nurul kan sama-sama oon belum ngerti. Kami berdua pun akhirnya ngambil kertas biru juga.

Setelah itu apa? Kami mengamati kerumunan (banyak banget mahasiswanya, bisa masuk rekor MURI nih) sedang apa mereka? Gue berasa jadi detektif Upin dan Ipin deh. Dari hasil pengamatan, mereka mencatat sesuatu di papan pengumuman. Oh, ternyata daftar mata kuliah yang mau diambil. 

Gue, nurul, sama ipung nyari mata kuliah kami. Tapi disitu gak ada! Oh tidak! Tidak ada tulisan “DAFTAR MATA KULIAH MAHASISWA PENDIDIKAN GEOGRAFI” di sana!!! Kenapa??? Kami bertiga sempet bingung. Padahal tekhnologi udah canggih (lah, apa hubungannya?? ) akhirnya gue ama nurul sms temen. Tapi emang temen-temen kita waktu itu pada gak bawa hape atau males untuk sekedar bales sms dan males ngangkat telpon (toh yang berkurang juga pulsa gue), jadi sms kami gak diangkat, eh, gak dibales.

Okee, kami bertiga pun akhirnya melangkahkan kaki ke lantai 3 ruang dekanat. Dengan ngos-ngosan kami mencari teman-teman kami. Ada satu!! Namanya pitty. Dia pun menjelaskan kepada kami prosedur KRS dengan kesabaran seolah-olah sedang mengajarkan 1+1=2 kepada murid SD yang bodoh gak paham. Pitty pun dengan baik hati meminjamkan daftar mata kuliah yang sudah dicatatnya. Setelah kami salin, kami pun menunggu di luar ruang dosen. 

Krik..krik. cukup lama. Tidak sengaja aku mengintip ke ruang dosen (tidak sengaja???) untuk melihat apakah PA kami ada di sana. Ternyata!!!! TIDAK ADA SODARA-SODARA!! Lalu buat apa kami menunggu?? Huh, untungnya pitty tadi juga ngasih tau lok beberapa PA ada di ruang lain, di ruang 213.

Dengan gontai, lemah, letih, lesu kayak penderita anemia, kami pun bergegas pergi ke ruang 213. Ruang 213 berada di gedung sebelah timur dekanat, di lantai 2. Itu artinya kami harus menaiki tangga lagi (hadoooh, gak ada eskalator gitu ).

Sampai di 213, sudah banyak orang. Aku kira mereka mau konsultasi ke PA juga. Kami bertiga udah dengan PD nya mau ke tempat PA. Tapi ternyata .. JEDERRRRR!!! (SOUND EFFECT PETIR) sebelum konsultasi dengan PA setiap mahasiswa wajib bayar iuran buat HIMA. Dan khusus angkatan baru kayak gue, spesial bayar 25 rebong (angkatan atas Cuma 15 ribu, huuuuuu... emang kite orang bertelor duit apa). Tapi emang dasar gue bandel, gue gak bayar dulu. Gue ngajak nurul si anak polos itu untuK langsung konsultasi ke PA. Untung PA nya gak nagih kuitansi pembayaran hima. Capcus dah, gue sama nurul langsung minta tanda tangan PA, diberi wejangan dikit, terus keluar ruangan. Oyeah!!!!! Trus gimana nasib ipung? Rupanya ipung ngantri buat bayar uang iuran dulu. Hahaha,, anak bodoh baik.


Sebenarnya gue males banget mau bayar uang iuran, tapi Karena hal itu wajib, maka dengan amat sangat terpaksa dan berat hati, gue serahin uang itu ke Mbak Ade (bendahara hima yang cuantiik tapi terlihat nyebelin waktu itu karena gue harus nyerahin duit ke dia). Padahal itu uang mau gue pake buat beli buku, soalnya waktu itu di kampus gue lagi ada Islamic Book Fair. Gue kan suka baca buku getoh, sampe-sampe bantal gue juga buku (bukan buku, tapi novel :p). 

Gue sediiiiiiih banget, berasa mau nangis. (sound effect : gesekan biola yg mellow banget, menyayat hati, ehehek) Kenapa gue apes banget waktu itu. Padahal jatah uang saku bulanan bulan ini dipotong. Oh no! Dipotong bukan karena gue nakal atau bandel (itu mah hal yg biasa) tapi karena pengeluran bulan ini banyak banget, jadi jatah gue ikutan dipotong (masih mending dikasih, daripada gak sama sekali, bersyukur!) oke, gue gak mau cerita tentang keadaan financial keluarga gue, hehe. 

Lanjuuutt.. 
setelah bayar, kita mau entry data. Masya Allah, antriannya puanjaaaaaaaaang banget, lebih panjang dari antrian minyak tanah dan BBM kayaknya. Mana sebelum itu disuruh beli amplop ama perangko buat ngirim nilai ke orang tua lagi. Heloooo, gue tiap hari ketemu enyak babe kali, gue bisa ngasih tau langsung, pake surat2an segala. Kayak jamannya Galih dan Ratna. Ada-ada aja buat nyari duit. Ckckck. Birokrasi yang payah!! Apa-apaan itu? Grrrrr....

Setelah lama mengantri akhirnya kami masuk ke dalam ruangan untuk entry data online. Gue duduk di depan PC. Gue gugup, takut kalo salah atau gimana-gimana. Alamat, gue lupa gak baca bismilah. Hasilnya? 
Gue gagal login saudara-saudara!! 
Seorang rizky oktaviani mahasiswa berprestasi 2012, gagal log in!! Gue dah nyoba berulang kali, lebih dari 10 kali malah. Sampai-sampai mbak-mbak di sebelah gue udah berubah jadi mas-mas!!! (soalnya, mbaknya udah pergi, trus tempat duduknya di pake mas-mas, hehe). 

Gue kringetan, padahal ruangannya berAC. Gue masih gak bisa login. Terpaksa gue manggil mas-mas yang tugasnya emang memandu mahasiswa melakukan entry KRS (tapi mas-masnya malah pada ngumpul jadi satu n ngrumpi kayak kumpulan ibu2 arisan, tinggal dikocok aja tuh). 

Dengan pedenya gue teriak kenceng “mas!mas!sini!” (kayak manggil tukang bakso aja) hampir seluruh ruangan ngeliatin gue. Mungkin dipikiran mereka “malu-maluin banget tu anak” hehe.. 

akhirnya mas-yang-aku-gak-tau-namanya itu menghampiriku. Aku pun menjelaskan duduk perkaranya. Terus, masnya buka ms word, gue disuruh nulis password gue di situ. Melihat password gue, masnya sambil menahan ketawa berkata “yakin, ini passwordnya?” , gue dengan polos jawab “yakin mas, itu password saya!!!” masih sambil nahan ketawa, masnya bilang lagi “passwordnya huruf kecil semua ato gedhe semua??” JEDDERRR!! Gue lupa. Gue jawab aja “gak tau mas, lupa, hehe” trus Caps Lock di komputer gue matiin. Gue log in ulang. Dan.. Whalaaaa!!! This is it.. gue berhasil login!!! Gue seneng campur malu. Gara-gara CapsLock doank gue gagal login. Malu-maluin banget. “makasih mas” gue bilang. Dengan suara lemah lembut kayak ifan gunawan, masnya jawab “iyaaaa...” OMG!!!


Ternyata, kesalahan gue gak cuman segitu aja. Pas gue masuk ke siakad, gue klik KRS, klik PENGISIAN, muncul kotak password. Gue masukin aja password gue yang tadi. Gak bisa!! Gue coba lagi, tetep gak bisa!!! Duh Gusti, cobaan apalagi ini. Gue gengsi dong kalo mau nanya masnya yang tadi. Gue tengok kanan kiri. Sebelah kanan gue yang tadinya mas2 udah berubah jadi mbak2 lagi. Oke, gue tanya deh tu.

“mbak, password yang ini diisi pake password apa ya?”.

“pake password yang di kuitansi bank”.

“ooooooooo... makasih mbak” (oooo-nya panjang banget, ketauan begonya masih amatir)

“iya, sama2”

Masalahnya, gue lupa naroh kuitansinya dimana!! MAMPUSGUEMAMPUSGUE.. Sambil dzikir, gue nyari kuitansi. Di tas, gak ada!! Gue cek lagi, sampe berantakan isi tas gue. Tetep gak ada!! Haduh, itu kuitansi masa depan gue. Kalo gak ketemu, gue gak bisa ngambil mata kuliah dan wassalam, gue gak bisa kuliah. 

Gue bener2 lupa!! Seingat gue, tadi pas ngantri kertas biru, gue keluarin kuitansinya, tapi habis itu gue simpen dimana, gue bener2 lupa!!blank!!!! seolah-olah otak gue berhenti berpikir dan gak bisa inget dimana gue naroh kuitansi. Gelap!! duh, tega bener si pikun datengnya pas gue lagi bener2 butuh. 

Gue dah mau nangis, keringat gue muncul lagi segedhe upil. Ngrogoh saku rok kanan, malah nemu duit 5rb. 
Ngrogoh saku kiri...

jeng..jeng.. Alhamdulillah ketemu, berasa mau sujud syukur deh hiks... akhirnya gue masukin password, nyontreng mata kuliah, proses, berhasil, log off. Dengan segera aku keluar meninggalkan ruangan terkutuk menyebalkan itu. Dengan muka berseri-seri, berjalan bak model lagi jalan di catwalk, ada angin meniup jilbabku, jadi kayak iklan gitu, sampai2 temen2 gue yang nungguin gue lamaaaa banget gue tinggal cos gak liet. Hehe.. maap temen2 gue terlampau senang. 

Dan setelah kejadian itu, gue berjanji, berubah menjadi superman, eh, bukaaaan, berubah menjadi mahasiswa yang gak gampang panik dan tulalit. Semoga gue bisa. Bantulah Hamba Ya Allah.. amin. Kalian yang baca ini, bantuin doa juga. Bantuin yak, bim salabim jadi apa prak prak prak... whalllaaaaa! Gue masih tulalit ternyata..

Pesan dan amanat yang terkandung dari cerita di atas adalah :
1. Jangan gampang panik
2. Baca basmalah sebelum melakukan apapun
3. Kurangi ketulalitan
4. Nekat dan gak punya malu itu kadang2 dibutuhkan
5. Perbaiki birokrasi kampus!! Hidup mahasiswa !!!! hloh..

0 comments:

Post a Comment

Pages