image

PERNAH MUDA (???)



Hai aku masih 19 tahun.. 

so what gitu loh. Disaat aku membanggakan diri karena masih muda diantara teman-temanku, ternyata gak enak juga kalo dianggap terlalu muda. Jadi nyesek, ehh ehh.

Hari itu hari Ahad pagi dan agendaku dimulai pukul 10. ada syura media Sembada Cendekia (promosi :d). Sekitar habis subuh aku lagi ngerjain PKM sambil browsing sambil dengerin music sambil ngemil. Trus ada pengajian di desaku. Rencananya setelah pengajian ada jalan sehat gitu. Eh, malah diajak ibuku kabur. Suruh bantu angkut barang2 adekku ke asrama (jika aku menjadi Ahad, episode buruh angkut ._.). FYI, adekku ketrima di SMA IT (lagi) dan ambil boarding alias asrama (lagi). Ternyata, cowok itu cukup rempong. Bawaannya banyak beud. Katanya sih, bantal sama guling suruh bwa sendiri. Walhasil, 2 tas ransel ditambah 2 kantong guedhe harus dibawa. Aku kebagian tas ransel yang cukup berat. Aku boncengan sama adekku yang paling kecil. Dia yang gendong ranselnya. Hahahaha, kakak yg baik ._.

Setelah menempuh perjalanan, sampailah di deket Gembira Loka. Iye, sekolahnya emang deket situ. Bukan sekolah pelatihan gajah kok, loe kire ape???

Adekku yang pertama sebut saja Mawar (padahal cowok :p) langsung membaur bareng temen-temennya.
Maklum, banyak barengannya, gak kayak aku dulu (tiba-tiba keinget tragedy terpaksa memasuki sebuah SMA -_-). Well, aku, ibuku dan adekku yg satunya lagi menuju ke hall.

 Hallaman.

Bukan hall yang kayak di gedung-gedung.

Sudah ada pager ayu yang menanti kami. Sebenernya aku agak kaget dan minder. Kirain Cuma suruh jadi buruh angkut, ujung-ujungnya suruh nemenin ibuku buat ikut acara sambutan dan persiapan MOS. Hedehh. Padahal aku Cuma pake rok, kaos, jaket, dan kerudung langsung pake sama sandal gunung. Berasa tomboy. Padahal di sekolah itu banyak anak-anak SMA ABG (Akhwat Berjilbab Gedhe).

Dan ternyata,,

Benar dugaanku. Aku berasa kalah, malu, minder. Pengen balik ke motor, tancep gas, menuju gembira loka (-_-). Tapi telat. Aku hanya membuntuti ibuku di belakang sambil ikut salaman sama beberapa siswi dan ustadzah yang berbaris kayak pager ayu itu.

Hingga akhirnya kejadian itu terjadi…




“dek, udah tanda tangan belum?” kata seorang SISWI, sekali lagi, SISWI.

Aku bengong sambil menatap ke arah ibuku dengan tatapan seolah-olah berkata “kok aku tanda tangan?”

“sini dek, tanda tangan dulu. Ibunya tanda tangan di sebelah sana.”

Aku Cuma senyum sambil mepet-mepet ke ibukku dan menghindar.

“sini dek, tanda tangan dulu” entah untuk keberapa kalinya dia berkata kayak gitu. Ibuku malah nahan ketawa.

Dan akhirnya kata-kata itu terlontar darinya
“sini dek, dari SMP mana”


………………………….
Hening sejenak.


Akhirnya ibuku mengeluarkan jurus bencanda
“yang daftar bukan ini mbak, Cuma nganter”
“oh, maaf ya. Nganter kakaknya ya?”


!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

What the,

Aku males mau bilang “hellloooo, kakak? Loe  belum liet kartu mahasiswa gueehh??”
Tapi gue Cuma senyum kecut dan mrenges “hehehe”
Satu lagi, loe panggil gue “DEK” ?? kamu yang masih pakai rok abu-abu..

Satu hal yang kusadari adalah, pakaianku emang kayak anak SMP yang gak bisa dandan. Tomboy. Dan dia, si adek yang terlihat lebih dewasa meski masih pakai seragam putih abu-abu itu, memang terlihat lebih tua dari aku.

T_______T aku emang masih muda, tapi gak segitunya juga.
Setelah itu aku duduk, agak bête. Untung ada nasyid (hubungannya?).
Setelah sambutan-sambutan, ada pengumuman MOS dari panitia. Oh, aku mencium bau perploncoan. Kirain di IT gak ada. Jebul. Katanya suruh bawa :

Manusia salju terluka
Angklung
The light of the world
Kursi lipat merk Mingpa

Hahaha. Semudah itukah tebakan yang diberikan? (nggayaa!!! :hammer)

Aku mendengar bisik-bisik di belakang dan di depanku. Mereka adalah para wali murid yang bertanya-tanya maksud tebakannya apa. Kulirik ibuku, mencatat dengan tenang, kayaknya santai aja. Oh, udah tau paling.
“bu, udah tau kan?”

“apa ya kik?”

-__- kirain

Untunglah, gini-gini aku jadi panitia MOS terus waktu SMA :d
Kurebut catatan ibuku, ku corat coret.
Manusia salju terluka ----à snowman merah (pulpen)
Angklung --à koin seribuan
The light of the world -à SIDU (buku tulis)
Kursi lipat merk Mingpa -à Koran merk Minggu Pagi
Yang terakhir sebenernya justru ibuku yang tau. Aku taunya Cuma koran. Mingpa tu apaan. Tiba-tiba bohlam lampu muncul di atas ibuku.
Saking kasihannya, karena kebanyakan wali murid berasal dari luar jogja dan luar jawa, akhirnya ibuku menyerahkan kertas yang tebakannya sudah ketebak (kacau nih pemilihan kata gue).

Segitu doang. Habis itu aku cabut mau syura media, udah telat (kayak gak pernah telat aja ._.)

Intinya : agak NYESEK

Sekian

0 comments:

Post a Comment

Pages