image

KAPAN AKU BENAR-BENAR BELAJAR??? LET'S BREAK THE HABIT!!!!

mereka bilang "jalanilah hidupmu seperti air..

biarkan ia mengalir

jangan kau terlalu risaukan riak gelombang yang bergulir"

tapi, kadang aku berpikir

dimana letak saripati hidupku jika hanya ku biarkan ia mengalir

ikut hanyut dan pasrah pada arus yang membawa ku hingga ke hilir





mereka juga pernah bilang "sekolah yang rajin, biar pintar,

supaya kelak bisa mendapat pekerjaan yang mapan, dapat gaji lumayan, jadi PNS"

begitukah?

koin-koin rupiah dan ratusan lembar kertas yang kami habiskan di bangku sekolah hingga kuliah

ternyata hanya untuk mendapat pekerjaan dari pemerintah

dari pemerintah yang pelit itu? hah, payah





aku ingin benar-benar merasakan kebebasan menuntut ilmu

tanpa ada tekanan prospek kerja, tanpa ada cacian bahwa ilmu yang ku tekuni tiada guna di dunia kerja

aku ingin sungguh-sungguh belajar

bukan sekedar mencari IP tinggi,

bukan untuk dianggap sebagai anak pintar

aku ingin menikmati kewajibanku di sini!!





aku ingin merusak sistem itu

karna sistem itulah yang membuat teman-teman kami

anak-anak dan cucu-cucu kami memulai sebuah kehancuran



mencontek adalah hal biasa, mendarah daging, dan merupakan budaya

yang tak mencontek dianggap sok suci, sok pintar, dan dijauhi

tanpa kami sadari, benih-benih kebohongan tertanam dan mengakar kuat dalam diri kami

menjadikan mental kami mental gengsi! penipu! korupsi!



inikah belajar itu?

inikah sekolah itu?

semua berlomba-lomba mendapat nilai

bukan untuk menyerap ilmu dan memanfaatkannya sebanyak mungkin



breaking the habit

aku sendiri? tidak

aku yakin banyak yang berpikiran sama

meski kami sedikit

meski kami minoritas

tapi aku yakin, aku tidak sendiri

minoritas itu kuat

minoritas itu militan

minoritas itu tangguh



sungguh, aku masih merasa munafik

lingkaran ini, aku masih terjebak di dalamnya

sistem ini masih mengekangku dan semakin mencekik



tapi,

Dia

tak akan membiarkan kami menderita

pasukan cahayaNya slalu ada

dan tanganNya selalu menjaga





karena Dia-lah tujuan itu

Dia-lah pelabuhan terakhir kami

bukan angka

bukan pekerjaan

bukan uang uang dan uang



LET'S BREAK THE HABIT

0 comments:

Post a Comment

Pages