image

UNDER-FOOLISH

Berhubung anak-anak udah selesai UNAS, gue mau nostalgila banget pas UNAS dulu ah. (loh???telat!!!!)

Dulu, beberapa hari sebelum UNAS, banyak yang melakukan tindak kejahatan bukan pidana apalagi perdata. Mereka pada beli jawaban gitu deh. Sesuatu yang sudah mendarah daging pada anak-anak SMA menjelang UNAS sejak lama, jauh sebelum gue SMA pun udah ada. Caranya? Mau tau? Gak usah ah. Kok maksa sih? Oke gue kasih tau. Mereka kerja sama dengan lembaga bimbel tertentu, membayar uang per anak minimal 100 ribuan (100 RIBU TU MENDHING BUAT BELI GETHUK, Kenyang!!! :p ).




Ada juga sekolah yang membentuk tim sukses yang terdiri dari beberapa anak pintar. Mereka disuruh menyebarkan jawaban, buat bantu temen-temennya yang dianggap bodoh kurang bisa mengerjakan. Dengan harapan, semua siswa bisa lulus.



Ironisnya, dan yang menohok hati gue, yang merencanakan cara kedua tadi adalah GURU!!! Masya Allah sekali. Secara gue kan calon guru. Gengsi donk kalo besok gue kayak gitu? Bagaimana mungkin beberapa guru-tidak hanya seorang saja-menghalalkan cara tersebut? Bukankah itu termasuk kebohongan publik? Bukankah itu curang? Dan bukankah itu yang menjadikan banyak sekali gayus-gayus di Indonesia ini? Bukankah itu adalah bibit-bibit korupsi? Berawal dari kebohongan untuk mendapat nilai UNAS Bagus, berlanjut hingga kuliah mencontek dan nyogok dosen biar ujian lulus, berlanjut lagi saat bekerja, dan keturunan gayus pun beraksi( Gue bukannya sok suci belum pernah nyontek ya. allah masih sayang sama gue, jadi gue dibuat cepet insyaf :p karena gue ngrasa otak gue bego banget kalo nyontek. Pelajaran gak ada yang nyanthol di otak. Astaghfirullah, semoga yg masih nyontek cepet2 insyaf ya.. aamiin..)




Aneh ya. dulu SMA gue juga kayak gitu. Guru malah ngajarin siswa-siswinya cara mencontek yang benar. Jujur, gue sakit hati banget waktu itu. Dan setelah guru itu mengajarkan tips mencontek tadi, hilang rasa hormat gue ke beliau. Kenapa? Gak mikir apa itu guru, kalo dosanya bisa numpuk bahkan menggunung? Kalo semua siswanya melaksanakan apa yang diajarkan guru tadi, mencontek berjama’ah, bukankah gabungan dosa semua siswa ditanggung sama itu guru? Tapi siswanya juga dosa :p



Dah ah, gue gak mau ngomongin guru, hehe.. well, ngomongin apa donk? Ngomongin pengalaman UNAS aja ah. Oiya, pas gue UNAS tuh gue ngrasa belum siap. Banyak materi yang belum paham. Apalagi pelajaran yang namanya fisika. Udah gurunya gak enak (gue belum pernah makan guru deng), materinya susah, hah, gue memahami fisika Cuma di bimbel doank. Tapi kadang-kadang juga tentornya gak masuk. Mungkin emang takdir gue gak usah terlalu dalam mempelajari fisika. Ntar om newton kesaingan lagi sama gue.



Pas H-1 Unas, gue dah bener2 pasrah. Malemnya gue kira gue gak bakal bisa tidur nyenyak, ternyata gue terlelap. Setelah melahap materi biologi yang DNA-DNA sama ngawinin taneman2 itu, trus ngapalin nama-nama cacing (cacing coba! Hewan paling menggelikan sedunia akherat) habis itu gue belajar bahasa Indonesia juga. Cuma ngapalin kata-kata baku doank tapi gak masuk-masuk keburu ngantuk. Nah, setelah belajar, cappcus dah gue molor. 

Daaaan, selama 5 hari berturut-turut, mimpi gue selalu sama. Gue ngimpi lagi UNAS. Tapi sayangnya, gue gak tau soal-soalnya kayak apa.

Hari pertama : biologi dan bahasa Indonesia. 
Bahasa Indonesia, mapel yang sering diremehkan sama pelajar apalagi gue, eh gue gak ngremehin, seenggaknya bahasa indonesia lebih mudah dari bahasa jawa. Untung basa jawa gak di unasin (hanacaraka go to nasional donk :p). Pas nerima soal, perasaaan gue masih baek-baek aja. Tapi setelah gue baca-baca. Wuoooot??? Ini soal sapa yang bikin???setiap 5 soal gue Cuma bisa 1. Apa-apaan ini?? Gue sebel banget habisnya soal yg keluar sama sekali gak miirip sama kisi2 yang dikasih pemerintah. Gue masih khusnudzon, sapa tau emang soal bahasa disusahin, tapi yg eksak-eksak kayak mtk, kimia, bio ama fisika gampang. Amiiin. Tapi, ternyata gue emang terlalu berbaik sangka. Biologi malah lebih parah! Jawaban yang gue yakin benernya Cuma ada separoh. Tapi gue bersyukur, seenggaknya gue masih bisa lulus. Akhirnya, target nilai kelulusan gue turunin jadi 5. Gara-gara gue dah menthok mikir biologi, dan gue pusing kalo mikir lagi, gue tinggal tidur aja tuh soal. 

Tiba-tiba bu pengawas nyamperin gue. “pusing mbak?” gue jawab “iya” aja. Gengsi donk kalo gue bilang “Cuma ngantuk bu” bisa-bisa harga diri gue jatoh lagi. Cih! Haha.. gue sempet malu juga kalo gue dapet nilai jelek di biologi. Sia-sia gue diikutkan olimpiade biologi. Gak enak sama Bu Retno tersayang, guru biologi sekaligus wali kelas gue 2 tahun berturut-turut. Kalo nilai gue sampe jelek , maybe Bu Retno bakal berpikir “pantesan ni anak kagak menang olimpiade nilai unas aja bobrok” waaakks,, na’udzubillah deh. Gue gak maoooo!!! 

Hari kedua: sebenernya ini mapel favorit gue. Boso Inggris gan! Gue juga khusnudzan aja soal listening bakal gampang. Soalnya, pas tes uji coba unas terakhir kali, listeningnya susah. Masak pemerintah tega banget ngasih soal susah-susah. Tapi sekali lagi meleset! Yang ngomong di listening bule asli! Mana pronounciationnya geje! Gak jelas! Orangnya tu kayak ngomong sambil dipencet idungnya. Jadi geje banget!! Soal listening ada 15 dan yg gue yakin Cuma 5 doank. Akhirnya gue ucapkan slamat tinggal buat soal listening. Tapi alhamdulillah, soal yg pilihan ganda gue “agak bisa”. Tapi gue tetep sedih T~T gue benci sama yg bikin soal .. hehe

Hari ketiga : matematika. Nah, ini pelajaran yang paling gampang (baca kebalikannya). Setidaknya matematika lebih bisa dimengerti dari fisika. Gue juga cuman yakin separoh doank yg bener. 

Tapi gue (lagi-lagi) tetep bersyukur. Kata pak ustadz kan kita gak boleh kufur nikmat, betul tidak ? 

oiya, ada beberapa hal yang jadi kebiasaan gue sama Nana (dia duduk tepat di depan gue). Tiap ada tryout, uji coba UNAS, bahkan pas UNAS, kite berdua slalu tidak pernah lupa untuk membawa CEMILAN. Mulai dari yang namanya alen-alen (berhubung kalo dimakan bikin bunyi “klethak”, alen2 nya diemut), klepon (bulet2 warna ijo isi gula jawa), coklat, snack keju, bahkan gue sempet bawa bekal nasi dan gue makan pas ngerjain soal. Habisnya gue gampang laper kalo mikir terlalu banyak. Setidaknya, cemilan tadi bikin gue dan Nana kagak nervous ngadepin soal. Enjoy aja! Yang penting makan!! Prinsip yg sangat tidak bermutu. 

Hari keempat : adalah fisika! Jeng... jeng.. jeng.. berhubung sugesti gue dah berkata kalo gue gak bakalan bisa, alhasil gue cuman bengong ngadapin tuh soal. Duh, gue takut sih kalo gue gak lulus. Tapi, seolah-olah ada energi positif dan gue dikasih ketenangan oleh Allah SWT. Sesuai doa gue. Gue mohon ketenangan dan kemudahan dan diberi yang terbaik. Jadi gue mesti komitmen sama doa gue. Apapun hasilnya, itulah yang terbaik.

Btw, temen2 gue yang pada beli jawaban pada banyak yang nangis gara2 gak bisa ngerjain. Banyak yg tanya ke gue lagi. Mereka bener2 gak tau malu tega apa ya?? udah beli jawaban, nanya ama yg gak beli jawaban lagi. gue cuman agak nyuekin aja, meskipun ada beberapa yg gue kasih jawaban (ampun Ya Alloh  :'( ) 

Gue kerjain sebisa gue sambil senyam senyum sendiri menertawai ketololan gue waktu itu. 

Setelah keluar kelas, temen2 semakin banyak yang menangis berjama’ah. Ada yg bilang Cuma bisa ngerjain separo doank. Perasaan gue yg cuman bisa ngerjain 17 soal doank, gak ada separoh. Tapi gue tenang2 aja tuh. Emang gue aneh. Gue jadi malah menghibur mereka. Gak ada niat buat ikut nangis. Gue bisa nangis cuman pas sholat doank. Gue bisa mengeluarkan semua uneg-uneg dan ngungkapin semua keinginan gue pas sholat. Curhat dengan Yang bisa bikin gue lulus. Ya Cuma Allah Ta’ala semata.

At last, hari kelima : KIMIA.. Piuuh, seenggaknya, ini pelajaran paling gue suka di IPA. Meski masih ada beberapa materi yang belum gue kuasai, gue masih bisa mengerjakan. Dan gue yakin , nilai gue minimal 7,5. Masih ada harapan buat lulus. I love chemistryyyyyyyyyyyy... 

Then, H-1 pengumuman, gue deg-degan banget. Sudah beredar gosip bahwa bakal ada yang gak lulus. Gosip pertama berkata bahwa yg gak lulus ada 3 orang tapi cowok semua. Gue cukup lega. Gue buka fb, berusaha buat uptodate gosip tadi (malah bikin panik sebenarnya, paranoid ). 

Then, gosip berganti, katanya yg gak lulus 2 cowok 1 cewek. lemes deh gue. Gue dah bayangin yang aneh2, tapi gue masih berharap bahwa gue tetep bisa lulus. Kata temen2, bagi yang gak lulus bakal didatengin guru dari jam 3 sore H-1 sampe jam 8 pagi pas hari pengumuman kelulusan. Alhasil tempat nongkrong gue yang semula di kamar, gue pindah ke ruang tamu. Padahal gue freak bgt, jangan2 guru2 bakal dateng ke rumah gue. Kagak bakal gue bukain pintu deh.

H-1 tidak ada tanda2 kedatangan guru. Pas hari H, gue dah agak lega. Tapi, tepat jam 8 pagi, gue denger ada suara motor yang berhenti di depan rrumah. Waktu itu gue lagi nonton tipi, langsung deh kaki gue lemes. Gue gak lulus???!!!! Masya Allah, gue musti bilang apa ke ibu bapak gue? Gimana reaksi mereka? Gue takut kalo mereka kecewa.. pas gue tengok ke ruang tamu.. busyet dah!!!! Yang dateng adalah 2 makhluk luar angkasa!! Bukan, yg dateng bukan guru tapi Risti sama Mi Chung (nama asli Rahma. Karena dia cungkring, dipanggil Mi chung, mami chungkring :D). Sungguh, gue bukan penerima tamu yg baek waktu itu. Gue semprot mereka berdua. Bikin kaget aja. Mereka ke rumah gue karena di sekolah rameeeeeeeeeeee banget, jadi intinya pada mau mencari ketenangan di rumahh gue. Salah sendiri dateng ke sekolah. Hehe.. 

then, Anis, temen gue telpon. Dia bilang kalo dia tau sapa yg gak lulus. Gue mendengarkan dengan serius. Ternyata salah satunya adalah temen deket gue. Gue sempet mau nangis, tapi jaim ada risti n mi chung. Gue sedih banget. Gue tau temen gue itu jujur. Allah menguji dia dengan berat (menurut gue). Tapi gue yakin, itu berarti yang bisa ngadepin ujian Allah yg kayak gitu ya Cuma dia. Kalo gue mungkin gue dah pingsan. Tapi gak sampe beli baygon segala lah. tiga roda cukup. 

Then, short story, setelah kedua makhluk nyasar tadi pulang, gue sms ibu gue. Tapi kok gak diblz ya. gue telpon, cuman bunyi “tuuuut” sekali, trus “tut.tut.tut” pertanda kalo ditolak! Jangan2 gue gak lulus juga lagi. Gue sms temen2 gue, namanya Bentar n Krisna karena mereka berdua ada di TKP (Tempat Kejadian Pengumuman). 

Krisna bilang dia gak tau. Dia aja gak tau dia lulus apa kagak n nilainya berapa. Nasib dia sama kayak gue. No hape ibu kagak bisa dihubungi. Emang lagi apes nasib kami berdua. 

Ternyata, hp ibu gue kehabisan baterai (sapa yg makan ya?). ibu gue pinjem hp temennya buat bilang “selamat ya sayang, kamu lulus” hahh, rasanya indaaaaaaaaaaaaah banget bisa bikin bahagia ortu apalagi ibu :’) 

Then, Bentar bilang kalo gue lulus dan dia juga ngirimin nilai2 gue. Gue berasa hampir pingsan. Karena nilai gue unexpectable bgt. Mungkin bagi orang laen itu nilai pas-pasan, bahkan jelek. Tapi bagi gue, itu jauh diatas target gue. 
Bahasa Indonesia (yang bikin kagol) : 8,25 
Biologi (gue kira Cuma dapet 5) : 8,25 
Bahasa Inggris (no comment, masih sebel): 8,75 
Matematika (jelek sih, tapi target awal gue Cuma dapet 4,75) : 6,25 
Fisika (sudah kuduga) 6,00 
Kimia (sudah kuduga juga) 8,50 

Total : 46,00 

Alhamdulillah banget. 
Gue kira nilai gue paling jelek. Setelah gue liet daftar nilai temen2 yg laen di tempat wali kelas. Nilai gue ternyata masuk 10 besar (berhubung nama gue dari R, gue jadi di rangking belasan) se angkatan. Dan temen2 yg nyontek malah banyak yg nilainya lebih jelek. Gue bukannya sombong ya, gue Cuma bangga bisa membuktikan bahwa yang mengandalkan Allah pasti lebih sukses daripada yg mengandalkan bocoran jawaban! Allah dilawan??!!! 

Nah, dari pengalaman UNAS itu gue belajar banyak hal. Diantaranya : 
1. Jangan curang, jangan mencontek. Unas dan ujian lain hanyalah masalah duniawi saja. Jangan sampai menghalalkan segala cara. Hasbunallah wa ni’mal wakiil, ni’mal maulana wa ni’mannashir. Cukuplah Allah sebagai penolongku :’) Allah VS sms bocoran jawaban??? Cih.. gak level!!
2. Buat apa loe bimbel di tempat yang mahal, kalo ujung-ujungnya loe beli jawaban! Kasian ortu loe. Mending gak usah sekolah sekalian. Tinggal ikut unas 5 hari, beli jawaban, lulus. Sia-sia belajar 3 tahun kalo ujian akhirnya nyontek (kata Bu Retno yang sakit hati sama yg beli jawaban. Beliau merasa sia-sia beliau mengajarkan ilmu pada kami, berhubung banyak yg beli jawaban)




0 comments:

Post a Comment

Pages