image

Simple Dish, Bilion Benefits

Meskipun Sapi dan kambing lagi jadi TTWW alias hot topic, namun bagi orang-orang yang punya selera makanan aneh kayak gue, serbuan daging keduanya tidak membawa kebahagiaan untuk perut kami. But still, Idul Adha is a holy day : )

Kali ini, saya, ehem, gue mau posting tentang resep masakan yang kayaknya biasa aja (-_-)a tapi bisa buat alternative jikalau loe super nafsu ama daging atau justru feeling nothing with it.

Bahan-bahannya adalah :
Keriting ijo, si putih bau, butiran mutiara, hasil respirasi makhluk hidup, Kristal manis, dan si kuning lengket.

Baiklah, ini bukan ospek, jadi mari kita ungkap bahan-bahan di atas.


Brokoli ( setengah )
Bawang putih ( 3 siung )
Garam ( satu toples, wait, secukupnya aja )
Air ( satu sumur, eh. ¾ gelas aje )
Gula pasir ( satu batang, sesuai selera )
Minyak goreng ( dikit aja, hemat )


Yak, gue bikin Ca Brokoli paling simple se kelurahan.
Tapi, porsi mini karena gue adalah satu-satunya penyuka brokoli di seantero rumah. So, kalau mau nyobain juga resepnya, disesuaikan aja takarannya ea.

Caranya adalah :
  1. Potong brokoli tiap kuntum ( sekuntum brokoli ijooo >> sekuntum mawar merah ! *dangdut mode on* ), lalu rendam di air dingin atau di air garam ( kalo pengen brokolinya tasty, pake air garam. Tapi, kalo pengen brokolinya fresh, cukup air dingin aja ), tiriskan;
  2. potong bawang putih
  3. panaskan minyak, tumis bawang putih, masukan brokoli, aduk rata.
  4. Tambahkan air, garam dan gula pasir, aduk rata
  5. Sajikan, kasih hiasan tomat atau lampu LED juga boleh -_-


Gampang kan ? gampang kan?

Gue paling heran kalo ada yang nggak suka brokoli, karena selain enak, brokoli punya 1001 manfaat ( kata Dek Google sih gitu ) anti aging ( nggak usah pake Ponds ), anti kanker, meningkatkan imunitas, dan buanyaaak buangeeet yang laen.  Kalo nggak percaya buka aja link ini.

Terus, bawang putih, meski dia bau dan sering diomelin bawang merah ama emak tirinya #eh dia juga punya khasiat salah satunya antioksidan yang sangat baik bagi tubuh. Bahkan, untuk menjaga kekebalan tubuh, disarankan tiap hari minimal makan 1 siung bawang putih. habis itu jangan lupa gosok gigi. Cek kandungan&manfaatnya di sini.

Oiya, biasanya, yang nggak doyan daging sapi atau embek, lebih memilih untuk mengkonsumsi tempe, telur, atau nagget. Jangan salah, itu makanan mewah. Tempe  kisanak ! makanan yang katanya Ndeso tapi popular di Jepang ini punya kandungan gizi yang bagus dan manfaat yang oke punya. Liet aja di sini.

Untuk telur, kalo mau lebih sehat lagi, bikin aja omelet sayur. Gue kasih tau campuran omelet telur yang bikin rasanya enak, yaitu wortel dan daun bawang. Dijamin deh, omelet yang loe bikin lebih gurih dan enyaaak. Ada lagi rahasianya, kalo loe pengen telur dadar atau omelet yang agak krispi, campurkan sedikit tepung terigu ke adonan telur. Kalo gue sih biasanya 1 butir telur dicampur 1,5 sendok makan tepung terigu.



Menu sehat ini, simple banget bikinnya. Nggak nampe setengah jam dah. Buat bikin Ca Brokoli, Omelet sayur, ama Tempe goreng. Yang jelas, lebih bergizi daripada daging, wkwkwkkw sirik banget.

Gue bukan vegetarian, tapi nggak doyan ama daging : | 
(kecuali kalo dibikin bakso atau abon)
Tapi, nggak doyan bukan berarti nggak bisa masaknya. Lagi-lagi karena alasan rumah tangga *apasih

Yang jelas, Don’t ever make me to eat those things. You just can make me cook ‘em.


ini sample nyeh :






Tambahan link :

0 comments:

Post a Comment

Pages