image

LKTG, first step to get better and go to change this world..

beberapa waktu lalu, gue lupa bulan apa, maybe Maret atau Mei atau malah Juni ya? haha

pokoknya, waktu itu gue sama kedua temen gue dikasih kesempatan sama Alloh buat berkarya, then karya itu ternyata bisa menjadi salah satu yg terpilih dari sekian banyak karya



waktu itu, kami ikutan lomba karya tulis geografi tingkat nasional yang diadain sama IMAHAGI (IKatan Mahasiswa Geografi Indonesia). gue, weni, sama ipung, iseng-iseng aja bikin, meski awalnya gak begitu yakin bisa masuk jadi finalis. but, kami pancangkan segenap tekad dan niat buat mencobanya. hey, it's something new, right? we have to try.

semakin lama proses pengerjaan "proyek" karya tulis itu kami kerjakan, kami merasakan ada harapan. terlebih lagi karya yang kami usung, termasuk langka dalam bidang karya tulis. karya tulis kami mengenai kawasan karst yang ada di GUnung Kidul,. sekedar info aja. penambangan kapur di karst menyebabkan kerusakan yang cukup parah di kawasan gunung kidul. sebenrnya sih, penambangan itu boleh-boleh aja, tapi, namanya aja manusia, pasti maruk! rakus! alias gak puas dengan apa yg diperoleh. alhasil, kawasan karst yang langka itu pun semakin parah kondisinya dan jumlahnya pun semakin berkurang.

oiya, karst itu merupakan bentukan lahan yang tersusun atas mineral seperti dolomit, dan kalsit. kalo kita pernah ke gunung kidul, di sana ada semacam kawasan yang berbukit-bukit, tanahnya agak tandus, ya itu dia yang namanya karst.

tapi, jangan salah. karst itu wajib dan harus dilindungi. kenapa? buanyak sekali keanekaragaman hayati alias biodiversity yang ada di sana. selain itu, dalam prosesnya, karst juga membantu mengurangi kadar karbondioksida di udara, sehingga ia berfungsi sebagai reduktor global warming. keren kan!

oiya, jangan lupa ya, GUnung Kidul, kawasan yang selama ini dianggap kawasan yang kering, tandus, yaahh, pokoknya disepelakanlah, itu memiliki keunikan yang langka. apanya? karstnya. karst di kawasan gunung kidul atau yang sering disebut dengan kawasan GUnung sewu itu, dijadikan Geopark dunia loh. se asia tenggara, baru ada 2 yang meiliki keunikan langka pada kawasan karstnya, yaitu Malaysia dan Indonesia yang tepatnya di GUnung Kidul. jadi, kita sebagai warga Indonesia khususnya Yogyakarta, harusnya bangga diberi sumberdaya alam berupa karst!!!!

karst itu terbentuk akibat pengangkatan dasar laut,. makanya, warnanya kelihatan putih. itu disebabkan ada kandungan gampingnya, yang berasal dari fosil-fosil makhluk laut kayak foraminifera, koral, radiolaria, dll..

back to lomba tadi, well, berdasarkan kenyataan tadi, kami bertiga memutuskan untuk mengerjakan karya tulis yang membahas tentang upaya penyelamatan kawasan karst. solusi yang kami tawarkan adalah dengan membangun ekoturisme di sana. well, kepanjangan kalo diceritain :D


jatuh bangun kami mengerjakan karya tulis itu, karena jadwal kuliah kami cukup eh, sangat padat (25 sks gitu loh), apalagi masing-masing dari kami punya urusan organisasi masing-masing, sok sibuk. hahahah


tapi, tapi, kami saling menyemangati dan saling memotivasi. yah, sekedar saling mengingatkan aja kalo karya tulis ini harus kami kerjakan dengan niat ibadah, alias lillahita'ala. kan tugas kita diciptakan sebagai manusia adalah untuk beribadah dan menjaga alam ini bukan?
kayak lagunya Riham :
"ku rasa ku tau.. buat apa kita hidup di dunia, ternyata hidupku ini, tuk beribadah kepadaNya. eh eh satu lagi kawan buat apa kita hidup di dunia, ternyata hidupku ini tuk menjaga indahnya alam ini... "
plok.. plok.. plok.. terimakasih, suara gue emang bagus (hueekzzzz)


nah, setelah proses pengerjaan selesai, kami mengirimkan karya kami. asal tau aja, kami mengumpulkan karya itu udah telat hampir setengah bulan :D tapi alhamdulillah, sama panitianya masih boleh ngirim. konyol bgt.

then, hari terus berganti, tak bisa ku hindari (sheila on 7 bgt :p)
kami sudah hampir lupa bahwa kami ikut lomba. hehe. tapi harapan itu masih ada. namun, pesimis datang melanda. lama-kelamaan harapan kami memudar. karena, kata panitia, bagi para finalis akan dihubungi lewat telpon. tapi, kami kok gak dapet telpon.. :(

hingga pada suatu hari yang terik, sepulang dari kegiatan eksplorasi ke BATAN Nuklir, ipung histeris sms ke no ku untuk segera datang ke jurusan. aku lari, dan whaaalllaaaa

kami masuk final, juara 3 (kalo gak salah) untuk sementara.. hehe
siang itu juga kami tergopoh-gopoh membuat proposal seadanya untuk mengajukan dana. dan waktu kami hanya 2 jam sebelum bagian Kasubag tutup.

setelah ngebut, dan jadi, dan sudah di acc, kami mulai kebingungan, mau berangkat naik apa? pesawat gak mungkin, soalnya dana mepet. akhirnya kita naek travel deh.

di perjalanan, heboh, seru, anak desa yang berpetualang ke Bali tanpa tau arah pasti kemana tempat yang dituju. waktu itu para finalis harus mempresentasikan karyanya di Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Bali. kami sengaja memilih travel karena kami kira kalau naik travel, langsung diantar menuju universitasnya.


tapi, apa daya.. setelah transit gak jelas di Surabaya, kami menyeberangi selat Bali, lalu sampai di di daerah BAli yang kami gak tau apa namanya. tiba-tiba, pak sopir travel berkata bahwa kami harus turun! Masya Alloh, kami bingung.. ipung sang pemesan tiket sudah mencoba protes bahwa saat ia membeli tiket, si penjual tiket bilang kalo kami akan diantar sampai ke universitasnya. haaaah, waktu itu masih pukul 3 pagi. bayangkan! bayangkan!

setelah itu, sang sopir pun "memesan" angkot yang kebetulan baru lewat. akhirnya kami ke singaraja naek angkot, pukul 3 pagi. asal tau aja, jalan yg kami lewati masih hutan-hutan, jalannya pun masih "sangat bagus" alis "nggronjal-nggronjal". hahaha, sekali lagi, ini sangat konyol.

di jalan, kami berjumpa dengan berbagai orang yang akan bekerja. kami senang menjumpai beberapa orang yang muslim. hehe. maklum, kan di Bali mayoritas Hindhu. kami saling mengobrol-obrol dan sebagainya.

short story, kami sampai di UNDIKSHA. menunggu sebentar (agak lama deng) di depan kampus, menunggu jemputan dari panitia. kami pun dijemput pake motor dan diantar ke salah satu kost panitia. setelah itu, kami diantar menuju hotel. hotelnya alhamdulillah sangat nyaman. hotspot cepettttttttttttttt :D i like it


short story lagi, setelah beberapa hari di hotel menyiapkan bahan untuk presentasi, tiba hari dimana kami harus mempertanggung jawabkan apa yang kami buat (belum di akhirat aja udah takut)
hari itu, kami presentasi. kenapa takut? dari 6 kelompok finalis, kami paling muda. kebanyakan angkatan 2007. 2010 vs 2007??? cckckckck

setelah presentasi yang menegangkan, karena jurinya agak menyebalkan, karena beberapa komentarnya menjatuhkan :P kami pun pulang ke hotel dan bersiap-siap packing pulang. tapi sebelumnya, kami diajak jalan-jalan ke gunung batur dan ke desa tradisional.
asik. mulai dari gak makan siang karena makanan gue dimaem guguk, hingga akhirnya kami ketinggalan bus untuk pulang. konyol lagi deh. kami pun harus naek anggkot (lagi!!) untuk mengejar bus kami.

well, itulah salah satu moment awal kami dalam berkarya. semoga apa yg kami tulis, bisa menginspirasi dan menjadi amalan ibadah untuk kami. amiiiiiin.
LKTG adalah tahap awal kami menuju perubahan. sebuah metamorfosa diri untuk mencari sebuah "seni" dan "saripati" dalam dunia perkuliahan. jiakakakak. bahasa gue alay :D

pokoknya it was the part of sweet (or bit) memories..
Geografi,
tak kusangka aku bisa merasakan keindahan dan kebesaranNya begitu dalam :')



0 comments:

Post a Comment

Pages