image

Belajar dari Jalan

Pagi hari tiap gue berangkat kuliah, apalagi kalo pas berangkat sama anak-anak sekolah, pasti deh selalu ada yang namanya traffic. Bahasa India nya “macet.. macet”. Gue jadi mikir, Jakarta udah pindah ke Jogja kali ya? pagi-pagi udah macet aja.


Dan seperti di tempat-tempat lainnya, kalo udah macet, banyak yang esmosi. Mulai dari mbunyiin klakson tettotettot kenceng banget (pamer kali punya klakson), ada yang teriak-teriak, ada yang ngawur langsung menerobos dan menyenggol kendaraan di kanan kirinya, sampai2 kaca spion jadi korban (kasian banget deh) itu masih mending, gue malah pernah liet ada yang sampe jatoh dengan gaya salto (jatoh aja pake gaya, subhanallah sekali :D )

Selain itu, ada juga kendaraan yang segedhe gajah, kadang bikin polusi, and sembarangan kalo berhenti. Siapa dia? Dia dia dia (gaya afgan) adalah Bus! Bukan Mantan Presiden Amerika, itu mah Bush-uk. Ya, siapa lagi kalo bukan Bus? Sebenernya yang salah sopirnya sih, tapi kan ga keliatan, hehe..

Gue pernah di klakson kenceng ama bus, gue dah nyingkir ke pinggir, tau-tau setelah bus itu mendahului diriku, dia langsung berhenti tepat didepan gue soalnya ada calon penumpang yg mau naik. Alhasil dengan sekuat tenaga gue injek rem sampe-sampe menghasilkan decitan yang memekakkan telinga siapa saja yang masih hidup. Orang mati pun paling2 idup lagi.

Ada juga orang yang kalo belok kagak reteng (aduh, bahasa indonesianya apa ya “reteng”. Jelek banget diksi gue) tiba2 aja belok, bikin kaget. Untung gue baek hati , kalo kagak, bisa jadi World War 3.

Nah, dari jalan, kita bisa tau tipe dan sifat orang lho.
1. Egois. Jelas. Contohnya ? sering gak berhenti kalo lampu dah merah. Atau berhenti sebentar terus jalan lagi padahal lampu masih merah. Selain itu, ada juga yang naek kendaraan kagak tau diri, ngawur. Sering nyerempet kendaraan lain. Ada yang gak mau diselip. Sekali diselip, gantian nyelip, jadi selip2an di jalan deh.

Trus, sering klakson tiba2, gak mikir apa bisa jadi yang diklakson punya penyakit angin duduk (jantungan maksudnya, angin berdiri apa? Kentut! :p) bisa2 kumat di tengah jalan kan gak lucu (emang ada yg lucu?) ada juga yg naek kendaraan di tengah-tengah. Die pikir itu jalan punye die doank apa.

2. Baik hati. Well, kenapa baik hati? Kadang ada kan ya, kalo pas kita mau nyebrang tapi jalanan padeeeet banget. Kendaraan berderet-deret kayak kereta gak putus-putus. Terus ada mobil atao kendaraan lain yang berhenti dan mempersilakan kita buat nyebrang. Mungkin kasian liet kita udah satu jam gak bisa nyebrang, muka udah lesu pertanda laper and pengen buru2 nyampe rumah. Berarti, si pengendara tadi punya sifat “peduli” alias perhatian sama orang lain

3. Middle. Ho’o, tengah-tengah. Nah, tipe ini kadang2 egois, tapi kadang juga bisa jadi sangat-sangat baik hati. Tergantung sikon. Kalo bener2 in hurry, takut gak dibolehin masuk kelas kalo kuliah telat misalnya (gue banget), lampu merah pun diterobos. Tapi, kalo lagi insyaf, bisa jadi setiap ada orang mau nyebrang dia berhenti. Nyebrangin sekalian malah. Hehe..

Nah, loe masuk tipe mana? Kalo gue sih keseringan tipe 2 ( ceile ), tapi kadang2 kalo gue pergi naek motor jam 5 pagi, bangjo masih blm stabil nyala, tak ada lampu merah, so, maju teruuusss dah (tipe 1 banget )

Oiya, gue kemaren2 baca buku Andy’s corner. Yang nulis itu tuh Andy Noya. Gak tau??? Ya amplop, itu lho MC nya Kick Andy yang kribo itu. Kagak tau juga? Mangkanya, nonton tipi tu jangan Cuma liet sinetron ato inpotemen doank. Nah, di bukunya, beliau bercerita kalo beliau sering jengkel karena sering diselip secara ngawur oleh kendaraan lain, terutama bus. Namun, istri beliau mengingatkan “ mereka kan kejar setoran. Kalo kamu kan gak kejar setoran.”

Waaa, kata2 itu mengena banget buat gue, bisa dibilang gue anti-bus. Selain jarang naek bus, gue benci juga. Abisnya, sering berhenti sembarangan tanpa memperdulikan kendaraan di belakangnya, yaa walaupun gak semua. Lantas, gue jadi mikir, iya ya. si sopir and the gank (kernet:red) punya keluarga yang harus dinafkahi. Bus mungkin Cuma nyewa. Sama mandor bus (emang ada ya mandor bus? Itu istilah gue doank, abis gak tau istilah selain mandor :p) , ada target nyetor sekian rupiah per hari. Kalo gak dapet, kena semprot mandor+dapet upah kecil. kalo dapet upah kecil, keluarganya kekurangan. Anak2nya gak bisa bayar SPP. Buat makan juga susah. Hiks, gue jadi sedih...

Jadi, intinya adalah kita harus bisa selalu sabar dan berpikir positif dalam menghadapi sesuatu. Apalagi di jalan. Kadang, senyum itu membuat hati terasa lebih tenang lho. Walaupun awalnya sempet jengkel gara2 hampir disrempet orang. Istighfar dan senyumlah! Berdoa aja biar tu orang selamet and gak nyrempet orang lain (nyrempet polisi tau rasa loe!hehe)


Sesama pengguna jalan, juga harus saling menghormati. Kadang kita ngrasa sebel kalo di depan kita ada tukang jualan yang pake gerobak ato sepeda-berkeranjang-di-kiri-dan-kanan dan agak menghalangi jalan. Tapi, bukankah mereka yang bergerobak dan bersepeda adalah pahlawan? Kok bisa? Pernah mikir gak sih, sebenernya kalo kita pake motor tu jadi penyumbang global warming? Mereka yang pake kendaraan non-bermotor kan tidak menimbulkan polusi (paling2 kotoran kuda kalo delman yang lewat).

So? Be positive, guys. Yang punya jalan bukan hanya kite. emang tu jalan punya nenek moyang loe apa. Nenek moyang loe kan pelaut. Kagak pake jalan raya :p
Indahnya kebersamaan karena saling menghargai  sokbijak.com


0 comments:

Post a Comment

Pages