image

KESAN TEMA OSPEK FISE UNY 2010

Alhamdulillah, akhirnya ospek berakhir. walaupun capek tapi tetap berkesan. 
i gotta many friends there.

jadi keinget tema OSPEK kampus ku yaitu pendidikan berkarakter PROFETIK. Apa itu profetik? hm, apa ya? seingatku profetik artinya bersifat kenabian/ ideal.
profetik mengandung beberapa unsur penting, diantaranya :
transendensi ( hubungan dengan Tuhan ), humanisasi ( memanusiakan manusia ) dan sebagainya ( lupa --')

ternyata, selidik punya selidik, aku baru tau kalau tema tersebut menuai beberapa kontroversi. contohnya di salah satu fakultas di kampus. mereka memasang poster yang bertuliskan "UNY tidak sama dengan UINY".

Wow, waktu pertama kali aku melihat tulisan itu, well, sedikitnya aku tau alasan mereka memasang tulisan itu. mereka adalah fakultas yang menjunjung tinggi multikulturalisme yang tinggi. 

mungkin, mereka takut, kalau dengan adanya pendidikan profetik, multikultural yang mereka bangga-banggakan itu akan luntur ( karena profetik berasal dari agama Islam). dan mungkin akan terjadi diskriminasi agama. benarkah?

apalagi saya pernah membaca comment status yang ditujukan bagi ketua ospek universitas, yang ada kata-kata : OSPEK FISE BUTUT!! Astaghfirullah !!! tapi, ketua ospek tersebut, yang memang berasal dari fise, menanggapinya dengan santai ( thumb up ). 

aku agak tidak setuju dengan pendapat mereka. apa salah kalau kita menerapkan sistem pendidikan yang benar? profetik adalah sistem yang dicontoh dari manusia paling dahsyat di dunia ini, Nabi Muhammad SAW. dan bukan hanya umat muslim saja yang mengakui akan hal itu, umat nasrani bahkan yahudi pun pasti mengakuinya ( kecuali yang munafik ). 

so? oke, multikulturalisme memang paham yang mendukung pelestarian keanekaragaman budaya bangsa. tapi, apakah budaya lebih penting daripada religiusitas atau iman dan keyakinan kita? kita makhluk ciptaan budaya atau ciptaan Tuhan? tentu Islam sangat mengapresiasi budaya termasuk nilai estetika di dalamnya, karena Alloh Maha Indah dan menyukai keindahan.

Aneh. padahal pendidikan profetik mengandung unsur-unsur Kenabian yang apabila diterapkan, dapat membentuk karakter mahasiswa dengan efektif, yaitu shiddiq ( benar ), amanah, tabligh, fathonah ( cerdas ).

menyambung ke salah satu fakultas tadi, padahal di fakultas lainnya, mencanangkan tema yang intinya adalah internalisasi pendidikan profetik. tapi, kampus yang satu itu, TIDAK.

yayaya, mungkin setiap individu punya penilaian masing-masing. tapi justifikasi bahwa profetik lebih mementingkan para mahasiswa muslim dibandingkan non muslim. apakah itu benar? profetik memang  berasal dari agama Islam. menurut ajaran Islam pun, Islam itu agama untuk seluruh ummat, bukan hanya untuk umat muslim. so? diskriminasi? coba saja kalau mereka dapat melihat dan membuka mata contoh dan fakta real tentang DISKRIMINASI ( red : zionis israel :p )

Diskriminasi adalah ketika muslimah mengenakan jilbab secara kaffah, dengan menggunakan jilbab lebar yg mampu menutup seluruh auratnya, bukan dengan jilbab saringan tahu, namun banyak yang bilang FANATIK. kalau mereka menganggap diskriminasi itu buruk, kenapa mereka melakukannya? para muslimah itu berhak menggunakan pakaian apapun tanpa caci maki dan olok-olok "mereka". kenapa seperti itu?

ya, kesimpulannya, tidak ada salahnya menanamkan karakter profetik pada kampus, agar para mahasiswanya punya karakter ideal. karena mereka adalah masa depan bangsa bukan? ya :)
and before you judge something, you must know it well. katanya "MAHA"siswa


-JUST OPINI- who cares??

2 comments:

'Mu said...

suka sekali dengan opini anda, Idealisme emang harus. salam kenal.

Anonymous said...

:D itu lo kik?
makin gosong n' tembem aja..kaya molen :D

Post a Comment

Pages