image

BUBER 600 REMAJA SLEMAN


oleh : Rizky Oktaviani
Staff Media Sembada Cendekia
dimuat di Koran Tribun Jogja, Rubrik Citizen Journalism
Rabu, 15 Agustus 2012, halaman 14

Sembada Cendekia (Organisasi Pengembangan Potensi Remaja Pelajar Sleman Barat) bekerja sama dengan Quantum Remaja dan FIKR (Forum Ikatan Rohis) menyelenggarakan acara terbesar se-Sleman bagi para pelajar, Rabu (08/08/2012) yang lalu. Acara tersebut berupa Buka Bersama 600 Remaja (BUBER 600 Remaja) yang diadakan di Gedung Tiara Graha, Jl. Kabupaten Km.1,2 Trihanggo, Godean, Yogyakarta. Acara ini dihadiri oleh hampir seluruh pelajar SMP/SMA dan remaja di Kabupaten Sleman dan sekitarnya.
Acara tersebut merupakan acara tahunan yang diselenggarakan setiap Bulan Ramadhan untuk mempererat tali silaturahmi antar pelajar se-Sleman. Harapannya, mereka mampu membangun komunikasi dan kerja sama antar pelajar di Kabupaten Sleman baik dalam hal akademik maupun non akademik. “Tujuannya agar para pelajar dan remaja suka ngaji juga,” ujar Fauzan, selaku Ketua Panitia acara BUBER 600 Remaja. Hal ini didasari oleh degradasi minat pelajar dan remaja terhadap kegiatan religi seperti mengaji dan mendatangi majelis-majelis ilmu lainnya. Sebab, mereka lebih tertarik dengan hiburan-hiburan yang dapat menurunkan moral serta perilaku pelajar itu sendiri. Dengan adanya acara tersebut, pelajar diharapkan memiliki ketertarikan dan kesadaran bahwa ngaji adalah kegiatan asyik dan tidak membosankan seperti yang mereka anggap, serta dapat membentengi mereka dari pengaruh negatif pergaulan bebas.

Kegiatan tersebut tidak sekedar buka bersama, namun diselingi oleh pelantikan kepengurusan pertama dari  FIKR (Forum Ikatan Rohis) se-Kabupaten Sleman . “Terbentuknya FIKR diprakarsai oleh beberapa Rohis (Rohaniawan Islam) dari berbagai sekolah di Kabupaten Sleman untuk menjalin komunikasi antar Rohis,” kata Arya Sukmana, Ketua Yayasan Bina Remaja Sembada Cendekia.
BUBER 600 Remaja juga menampilkan Nizam Zulfikar (Juara 1 Da’i Muda ANTV) sebagai pengisi tauziah dan guess star Sintesa Vocal Nasyid. Selain itu, acara tersebut juga berupaya untuk memberikan apresiasi terhadap minat remaja dan pelajar di bidang musik seperti adanya performance Hadroh Pelajar Sleman dan Nasyid Rein dari SMK N 2 Depok. Tidak hanya di bidang musik saja, kegiatan tersebut juga mengakomodasi minat dan bakat remaja-pelajar di bidang fotografi yang tergabung dalam komunitas Sembada Cendekia Fotografi. Foto-foto para anggota komunitas tersebut dipamerkan dan dilombakan. Setiap peserta BUBER 600 Remaja memperoleh satu bintang yang terbuat dari kertas dan digunakan untuk mem-vote foto yang menurut mereka memiliki kualitas bagus. Pemenang dari lomba fotografi tersebut adalah Nanda Ratih Utami, dari SMA N 1 Gamping.  “Acaranya sangat bagus dan berkesan. Aku jadi punya banyak teman dan kenalan. Semoga tahun depan ada acara  seperti ini lagi,” kata Umi, peserta acara BUBER 600 Remaja dari SMK N 1 Tempel.







0 comments:

Post a Comment

Pages