image

Tipe-tipe Mengerjakan Skripsi Berdasarkan Golongan Darah



Ciyeee yang masih ngerjain skripsi, padahal yang laen udah pada mau selesai ciyee. Iya, kamu.
*menatap kaca dengan imut*

Well, ternyata tiap mahasiswa punya prototype yang variatif dalam ngerjain skripsi, dan hal ini dipengaruhi oleh perbedaan golongan darah.



Dulu, aku pernah share blog yang isinya meme golongan darah kayak gini dan beberapa temanku sih bilangnya….
A:  “aku nggak kayak gitu kok, nggak terlalu perfeksionis, salah nih” 
O: “ aku bukan golongan darah B tapi juga sering males dan nggak on time”
AB: “ AB tuh nggak aneh yo, iiih ngasal”
dan sebagainya sampai  mereka capek sendiri
Aku: “……. ……………..Ini aku banget. Itu juga. Ya ampun aku bingiiiit. Duh, mirip aku”

Masa’ Cuma aku sebagai salah satu manusia bergolongan darah B yang menyetujui semua hal di meme ini bahwa sifat-sifat golongan darah B ……………………. sangat mirip denganku -_-

Nah, apakah kalian seperti ini kalo ngerjain skripsi?

Golongan Darah A


Mereka terkenal dengan sifat perfeksionis dan kehati-hatian yang kadang nyebelin. Nyebelin di mata golongan darah B yang punya sifat “ why so serious? “. Bisa jadi, pemilik golongan darah A ini kalo ngerjain skripsi bener-bener harus sempurna. Setiap bikin satu paragraf, berhenti dulu, dikoreksi, matanya melototin layar, nggak boleh kedip (saking takutnya kalo kedip ntar paragrafnya  ilang), view windownya di-zoom-in sampai 400 % (dikoreksinya per huruf), baru lanjut ngerjain lagi. Dan akhirnya lupa nggak di-save. Ciyan deh.


Seperti yang dijelaskan di meme, bahwa golongan darah A ini punya sifat yang sangat patuh terhadap aturan. Kalo lagi bimbingan skripsi, dosen nyuruh revisi ya segera direvisi, dosen suruh ganti judul ya ganti judul, dosen nyuruh wisuda tahun depan ya….. nggak maulah.

Tapi, golongan darah A ini punya sifat care ke orang lain. Biasanya dia sering stand by di luar ruangan dosen, deket pintu. Tiap kali ada temen yang habis bimbingan, dia cegat, trus di puk puk “sabar ya, skripsi hanyalah ujian hidup, kamu pasti bisa Nak, fighting!” sambil nyediain tissue buat yang disuruh ganti judul *TABOK PAKE REVISIAN*



Golongan Darah B


Tipe ini cenderung santai, bahkan ada beberapa spesies tertentu yang terlalu santai ngerjain skripsi sampai-sampai penelitian pun belum dilaksanakan *uhuk. Ngerjain skripsi ini tergantung mood. Jadi, pemilik golongan darah B harus pandai menjaga mood, karena sekali mood-nya ngilang, susah nemu-in lagi, kayak kamu #eh.

But people,  golongan darah B punya sifat positive thinking yang lebih tinggi terhadap hidupnya. Liet noh digambar. Saking positive-nya, kebanyakan lagu pengiring skripsi adalah lagu-lagu semacam :

Saint Loco “Santai Saja”
Mariah Carey “When You Believe”
Afgan “Judul Pasti Bertemu” (jodoh woy!!!!)
Anang-Ashanty “Judulkuuuu maunya ku dirimuuu” ( jodoh please -_-)
Ayu Ting-ting “Sik Asik”
Suju “Mr. Simple” (yah karena golongan darah B suka yang simple-simple kayak Einstein)
Owl City “ Good Time “ ( we don’t even have to try, skripsi’s always a good time woooo)
The Black Eyed Peas “ I got a feeling uuuuu, that tonight’s gonna be a good night..
Bruno Mars yang “Never Say You Can’t” atau yang “when I see skripsi, it’s not a thing that I would change, cause you’re amazing, just the way you are
Captain Jack “Kupu-kupu Baja” ( skripsi lemah ini tlah bermetamorfosa jadi skripsi-skripsi baja)

Trus kalo moodnya ilang, lagunya Bondan “Ya Sudahlah”.
Kalo disuruh revisi, lagunya ganti Adelle “ nevermind I’ll find ….. like youuu” dan Cold Play “Fix You”
Kalo pikiran cupet ngerjain revisi, lagunya Avenged 7x “Dear God” sama Wali “Tobat”
ingat skripsi, ingat skripsi, ingatlah saat revisi, ingat ingat dosen susah ditemuiiii… cepat ucap Astaghfirullahhal ‘adziim

habis itu tilawah langsung kholas one day one juz *pelampiasan*

Teruuuus, golongan darah B ini punya karakter out of the box, emang sih kadang bandel dan susah diatur, tapi kreatif. Lama nyari judul skripsi karena kami nggak pengen yang biasa-biasa aja. Gue harus beda tanda seru. Ide dan inspirasi adalah nafas kami, kreativitas adalah degup jantung kami, break the limit adalah jalan hidup kami, kau adalah hidupku lengkapi diriku oh skripsiku kau begitu…. Sempurnaaaa.

Namun sayang, kami agak gampang terpengaruh. Ngerjain skripsi tiba-tiba keinget punya Running Man episode baru, pasti nonton dulu. Ada manga Naruto paling gress, pasti OL dulu. Iyuuuh,………


gue banget.



Golongan darah O

Kalo golongan darah A punya karakter perfeksionis, saat ngerjain skripsi, Si Golongan Darah O ini  punya motivasi yang sangat tinggi, tangguh, dan idealis.

Saking tinggi motivasinya, mereka punya semangat yang menggebu-gebu melebihi supporter PSS atau emak-emak yang lagi gila belanja gegara diskon gede-gedean. Dalam menulis skripsi, Font-nya jadi 14, huruf kapital semua, di bold, pake tanda seru. Maybe, di manfaat penelitian, mereka akan menulis seperti ini:


.
.
.
.
.
.
JADI, PENELITIAN YANG SAYA LAKUKAN PASTI AKAN SANGAT BERMANFAAT DI DUNIA DAN AKHERAT!!! BERIKUT MANFAAT PENELITIAN INI:
1.      MENAMBAH PENGETAHUAN BAGI PESERTA DIDIK MENGENAI MATERI DASAR-DASAR GEOGRAFI. HABISNYA, SELAMA INI MEREKA NGGAK NGERTI-NGERTI, GIMANA MAU BELAJAR GEOGRAFI KALO BASIC-NYA NGGAK NGERTI HAAAH???
2.      AGAR PESERTA DIDIK DAPAT MEMANFAATKAN SOSIAL MEDIA UNTUK DISKUSI MATERI PEMBELAJARAN. JADI NGGAK GOSIP MULU!!! JANGAN CARI GEBETAN JUGA!! MEREKA HARUS BELAJAR YANG RAJIN!!!! BIAR NGGAK DICAP ALAY DAN LABIL!!

Dan selanjutnya… biarkan imajinasi anda berkeliaran sejenak.

Tangguh. Meski dosen nyuruh revisi semua proposal, mulai dari ganti judul ampe disuruh ganti tempat potokopian, mereka biasanya tetap tegar. Bahkan, mereka masih bisa memberi semangat bagi temen-temen lain yang senasib atau lebih ngenes dari mereka. Mereka tangguh, guys.

Idealis. Peluang terjadinya perdebatan antara dosen pembimbing dengan mahasiswa bergolongan darah O sangat besar. 

Dosen: “ kalau pakai metode kualitatif, nanti susah analisisnya. Sudah, pakai kuantitatif saja.”
O :  “Dengan segala hormat bapak dosen pembimbing, saya sangat ingin membuktikan bahwa saya bisa menggunakan metode kualitatif. Saya pasti bisa (mata berbinar-binar), bapak percaya saja sama saya. Jadi, mohon bimbingannya. “
Dosen : “baik, akalu begitu kamu ganti semuanya, judul, latar belakang, pokoknya semuanya. Cari dosen pembimbing yang lain aja kalo kamu nggak nurut saya”
O : “………….” ( lari ke potokopian, nangis di pojokan. Saking tegarnya, sambil nangis, sambil bantuin tukang potokopi nyetreples kertas ).

Dan Si O ini adalah tipe curhatisme, alias suka curhat panjaaaaang ama temennya kalo lagi kesel atau sebel ke orang lain. “ guys, aku disuruh revisi nih, huhuhu. Masa’ ya, aku disuruh ganti judul kan susah nemunya, aku musti dengerin lagunya Afgan 10 kali lagi dong. Trus, aku disuruh ganti tempat potokopian, padahal mas nya kan kece banget di sana, sediiiih hiks hiks. Terus ya terus ya, tau nggak sih uhuhuhuk masa’ aku harus ngerjain semuanya dalam waktu seminggu, kan kan aku jadi nggak bisa nonton YKS tiap malem, ya kan?? Yadong. Ya nggak?? aku musti gimana guys…… guys.. ……. ……GUYS???!!”



Temennya pada tidur..


Kalo tipe A disuruh revisi, padahal udah ngerjain ampe begadang dan nggak kedip #eh, mereka hanya akan menahannya di dalam hati, di luar sok-sok an cool gitu. “All is well, all is well, give me some sunshine, give me some rain…” pulang ke rumah keujanan beneran.

Kalo Si B, dia akan langsung menunjukkan muka bĂȘte, dan uring-uringan nggak jelas. Begitu keluar dari ruang dosen : “ Udah ku tunggu dari pagi sampai sore, dosen nggak dateng. Seminar proposal juga nggak dateng. Revisian lupa dibawa. Njuk aku kudu muni aku rapopo? Rakkkk.” Ckckck, sepertinya kejadian ini nggak asing bagiku. Hmmph.
Kalo AB gimana dong?



Golongan Darah AB

Entah mengapa, di setiap meme comic, pasti golongan darah ini akan diperlakukan sangat tidak adil. Dibilang paling aneh lah, paling nggak jelas lah, padahal kan emang bener kayak gitu.

Dari beberapa meme comic yang aku pahami, golongan darah AB ini punya sifat: nggak suka kalo orang lain masuk ke kehidupan pribadinya, sensitif, pandai bernegosiasi, daya analisis tinggi, dan pandai mengkritik meski kelihatannya pendiam.

Dosen : “ ini kenapa pembahasannya masih kosong??? Kamu ngapain aja??”
AB : “ maaf pak, jangan tanya saya ngapain aja, itu privasi saya, jangan usik kehidupan pribadi saya pak, please”

Padahal, kalo golongan darah lain….
A : “ tidak mungkin bapak!!! Saya mengerjakan pembahasan ini sudah 15 kali. Jangan-jangan karena semalam saya kedip terlalu sering jadi semua paragrafnya hilang. Tidaaaaakkk”

B: “ kosong adalah isi. Isi adalah kosong.. kata buku yang saya baca seperti itu pak. Jadi, sebenarnya pembahasan saya tidak kosong, tapi berisi”

O : “ SAYA SUDAH MENGERJAKAN PAK!!! TAPI TADI DI TEMPAT POTOKOPIAN TIDAK KELUAR, MUNGKIN KESALAHAN TEKNIS TUKANG POTOKOPI-NYA. AKAN SAYA PERBAIKI!! SEGERA!!! PERCAYALAH PADA SAYA PAK!!!” ( dah dibilangin suruh ganti tempat potokopian -_- )

Dan AB, kalau disuruh revisi yang terlalu banyak, dia akan…. ke kamar mandi, menatap wastafel, lalu menatap cermin. Nggak tau kenapa. Emang aneh.

Tapi, AB ini pandai bernegosiasi dan memiliki daya analisis tinggi.
Dosen : “ revisi semua halaman, besok siang harus sudah jadi”
AB : “ Ibu, ketika kita merevisi semua halaman dan menggantikannya dengan kertas baru, kita akan menambah global warming karena sama saja kita menenebang pohon yang baru. Setiap satu kertas itu sangat berharga Bu. Bukankah kita ini geografi yang harusnya menjaga bumi? Jadi, bagaimana kalau revisi daftar pustakanya saja bu? Saya kirim lewat email agar paperless.”
Dosen : (menatap dengan takjub dan ternganga) “ Ba.. ba… baiklah kalau begitu.” (terus minum aspirin).

Finally,
Apapun golongan darahnya, kerjain skripsinya. Jangan jadikan alasan, meski kamu bergolongan darah B yang super santai ( Note to My Self ).
Yang baca ini dan kebetulan, kebetulan lho, skripsinya belum jadi, semoga segera selesai, diberi kemudahan dan kelancaran. Sesame mahasiswa akhir harus saling bahu membahu mendoakan. Ini ciyus.


“ Karangan di atas hanyalah fiktif belaka, jika menemukan kemiripan karakter, harap maklum, barangkali itu memang anda “



kadang, aku bisa menjadi keempat tipe tersebut. Njuk aku ki opo sakjane? -_-


< karakteristik utama tiap tipe golongan darah guys >


4 comments:

angkisland said...

nice share nih mantap

Rizky Oktaviani said...

:o mas Angki blognya keren *pengen*

tibyan muhammad said...

Hahaha... cocok cocok.... saya B, sedang mengerjakan skripsi , :D

dinicious said...

golongan darah B bener banget tuh

Post a Comment

Pages