image

Menulis Itu Kayak Ngupil


" Sering ngupil? Nikmat bukan? seperti itulah nikmatnya menulis"



Resiko mahasiswa akhir yang masih belum terlalu fokus ama skripsi. Salah satunya adalah nggak update blog. [apa hubungannyaaaah???] eh, tapi ciyus deh. Resya, Wimbi, Muji, Nurul, Thomas, Kikik, Rizkek, Mas Wawun, Eno, Pak Taka, update blog juga dong :D lagi pada asik dengan dunia lain yee, lagi sibuk bisnis yeee, atau dapet proyek dari dosen yeee *Ups

sama sih.


Karena asik dengan dunia lain yang sama-sama menulis. Tapi agak serius. Kadang bikin resah buat nyari ide, sampai-sampai harus bertapa sambil pup. Nulis tanpa sisi humoris bener-bener menguras pikiran. Apalagi kalo ditagih 2 artikel dalam waktu sehari. Terus revisi-revisi. Ya Rabb, I love this :D 

Tudei, aku mau cerita dikit tentang blogging ama nulis. Santai aja bacanya, tapi jangan sambil ngupil. Eh, nggak apa-apa deh sambil ngupil, kan judulnya ada kata-kata ngupil. Berapa banyak upilmu? Ratusaaaan *sumpah jijik banget paragraf ini untuk dibaca* 

Berdasarkan penelitian, blogging merupakan salah satu aktivitas penghilang stress, awet muda, bahkan bisa bikin kaya. Penelitiannya siapa? lupa. Yang jelas, dulu pas pertama baca hasil penelitian itu bikin aku ngangguk-ngangguk. Apalagi kalo aku langsung ambil cermin. Bener juga ya. Bikin tambah imut *apasih
Tapi, inti sebenernya bukanlah blogging. Menulis. Blogging hanyalah satu dari sekian fasilitas menulis. Kalo kita jalan-jalan sebentar ke masa pra sejarah, manusia mulai menuliskan sesuatu di kulit binatang, dinding gua, atau batu yang kerap disebut prasasti. Waaaah, coba dulu ada blog ya, kita bisa ngepo-in Gajah Mada suka ngapain aja, dia pasti bikin website pribadi, trus pasti dia bakal cerita inspirasi Sumpah Palapa darimana, trus curhat tentang Kerajaan Majapahit.. “di kerajaan inih akoooh jadiiih panglima peraang, kerend beutz khan?”

*ditoyor pake meriam

meski demikian, aku pribadi masih belum bisa menerima kenyataan bahwa jika menulis status alay di facebook bisa bikin tambah imut atau meredakan stress. Meski itu juga aktivitas menulis. Bikin orang eneg iye. Sebab, kadang kita eh kita [?] bikin status marah-marah nggak jelas ke siapa ( coba kalo pas marah ama seseorang trus orang itu di tag kan jelas ya ) mending kalo lagi punya masalah atau mau marah-marah ditahan, terus berdoa biar dikasih jodoh #eh.



kalo emang mau dituliskan, marahnya yang agak mutu lah, jadi bisa ngasih inspirasi buat pembaca. Misal nih, dulu ada kasus seorang ibu yang kena mal praktek dokter di sebuah RS (aku lupa siapa, maaf *sungkem) Beliau marah. Trus ngeblog. Tapi Si Ibu tadi nggak sembarang marah. Beliau menuliskan kronologi kejadian, penyakit yang beliau derita, lalu bagaimana keacuhan pihak RS, dan pada akhirnya tulisan tersebut membuat pembaca trenyuh. Mereka juga melakukan aksi simpati bagi Si Ibu agar pihak RS bertanggung jawab atas kelalaian dokternya. Well, kemarahan Si Ibu justru ngasih manfaat buat pembaca supaya hati-hati dengan urusan medis. 

Agar tulisan kita bermanfaat, emang gampang-gampang susah. Maka, menulis sering dikatakan aktivitas yang menggerakkan seluruh jiwa raga. Butuh seni dan pemaparan yang membuat pembaca hanyut di dalamnya. Kayak nulis skripsi lah. Jiwa raga kau persembahkan kan? Hehehe. Harus penelitian, riset, nulis pembahasan harus sinkron antar paragraph, revisi, sering ngapelin tukang potokopi, dan lain-lain.

Maka, menulislah… meski sekedar curhat kalo nge-blog, kayak aku gini, tapi seiring waktu, curhatan kita bisa kita manage. Artinya, kita akan berusaha memunculkan hikmah dari curhatan kita. Bahasa juga akan lebih “nyeni” alias ada unsur seni yang membuat curhatan kita lebih unik. Kayak Raditya Dika noh. Curhatan dia nyeni banget. Seni humoris dan imajinasi yang super duper kelewatan abis. Jadi, kamu kalo sering  curhat di blog, bisa di-buku-kan bahkan di-film-kan kayak Bang Radit.

Bahkan, ada sebuah kalimat motivasi buat yang punya pikiran “ Gue nggak berbakat nulis “.
“Menulis itu 3 % bakat, 97% kemauan”
See? Adakah kemauan? 
then write it, RIGHT NOW !!!!

 Nulis itu kayak ngupil. Awalnya emang agak berat, sampai harus menggali informasi ( sama-sama menggali ). Makin dalam informasi yang didapat, tulisan kita makin bermanfaat. Makin asik kan.. Tapi, kalo udah keasikan, rasanya nikmat. Mehehehek.. analogi gue keren kan.

*Menulis kebaikan = niat hanya karena Alloh = amal jariyah





0 comments:

Post a Comment

Pages