image

The Relationship of Rejeki-Sedekah


“Kalo udah rejeki, kagak bakalan kemana-mana deh”
-Anonymous-


Jujur, gue agak nggak setuju dengan quote di atas ( kalo nggak setuju kenapa dipampang Kik ! ). Habisnya, susunan kalimat itu lebih menekankan pada kita-yang-pasif. Rejeki kagak bakalan kemana-mana. Padahal rejeki itu tersebar di setiap sudut di muka bumi ini. Salah satunya rejeki di Godean ( gue, Rizky maksudnya ). Jadi, kita musti aktif nyari. Gue lebih seneng dengan kata-kata :

“Pergilah awal pagi untuk mencari rezeki dan keperluan kerana pagi membawa keberkatan dan kejayaan.”
(Hadis Riwayat Tabrani, Ibnu Adi)

kalo itu kan kita yang aktif gitu lho.
Well, selain nyari, rejeki juga bisa didapat dengan cara Sedekah. Sedekah nggak musti duit. Sedekah waktu, tenaga, pemikiran, bahkan di sebuah hadits dijelaskan bahwa saat kita menghilangkan batu di jalan, itu termasuk sedekah. So, misal loe liet batu di tengah jalan yang kira-kira bisa bikin bikers ( ceileh bikers ) bisa jatoh salto kalo lewat situ, singkirin aja. Itu udah sedekah.

Pernah di suatu kajian bertemakan ikhlas, kita (peserta) disindir. Kalo sedekah di mesjid biasanya nyari uang paling kecil trus paling jelek. Trus, kalo dompet lagi cekak, seret banget buat sedekah. Padahal kata Ust Yusuf Mansur, justru saat kita lagi bokek, terus sedekah, pintu rejeki akan terbuka lebar. Logikanya gini. Orang kaya punya banyak duit, terus sedekah, itu wajar. Orang kere semacam mahasiswa yang beli bensin aja masih premium, akhir bulan, terus sedekah, itu lebih luar biasa lho. Esensi ikhlasnya itu yang bikin keren, bukan nominalnya. Santai sob, Alloh Maha Adil kok. Dia pasti tau elu mahasiswa berdompet tipis tapi masih mau sedekah. Pasti Dia akan bukakan pintu rejeki selebar-lebarnya buat elu. Yakin Haqqul yaqin : )


Ehm, Sholat Dhuha juga sedekah lho….

“Setiap pagi setiap persendian salah seorang diantara kalian harus (membayar) sadhaqah; maka setiap tasbih adalah sadhaqah, setiap tahmid adalah sadhaqah, setiap tahlil adalah sadhaqah, setiap takbir adalah sadhaqah, amar ma’ruf adalah sadhaqah, mencegah kemungkaran adalah sadhaqah, tetapi dua raka’at dhuha sudah mencukupi semua hal tersebut”
(HR Muslim)

bingung? Awas ya kalo baca haditsnya di skip, tak sumpahin jadi sholeh kapok lu ! maksudnya tuh gini,

Kita dikasih tulang sendi sama Alloh kan, maka kita harus ‘membayarnya’ dengan bersedekah. Tapi, cukup sholat Dhuha 2 rakaat, elu udah sedekah sob, nggak usah yang berat-berat dulu gitu.

Sholat Dhuha itu membuahkan hal-hal yang unpredictable alias sekonyong-konyong bruk dapet rejeki.

Gue pernah, bahkan sering, dapet rejeki tiba-tiba tidak disangka-sangka. Pokoknya rasanya kayak elu dapet hadiah kalung emas karena pakai produk shampoo tertentu. Plus yang nganterin kalung itu ke rumah adalah Andi Arsyiel. Sambil ngelamar gitu *wuaaaaakkk imajinasi tingkat dewa. Di-aamiin-in aja dah :3*

Contohnya 2 hari yang lalu. Gue yang lagi [agak] galau karena mikirin ‘’darimana gue dapet duit 100rb buat ujian karate ya’’. Iye, minggu depan gue ujian kenaikan sabuk. Berhubung sabuk karateku menuju coklat strip, biaya ujiannya paling mahal gilak. Padahal 2 bulan ini lagi vakum les privat karena mau focus KKN *curhat yes* Terus gue sholat Dhuha. 5 menit kemudian, Pakdhe yang mau pulang ke Jakarta ngasih angpao 200rb. Alhamdulillah banget kan. Baru juga sholat Dhuha 4 rakaat. Jadi nyesel kenapa nggak 12 rakaat sekalian ya. Sapa tau dikasih duitnya jadi 600rb *pffft

Kalo masalah materi alias duit, gue juga sering dapet ‘duit kaget’ di akhir bulan. Akhir bulan. Waktu dimana dompet para anak PNS mulai mengkeret, karena ketergantungan gaji ibu bapak (kecuali kalo elo kerja sambilan yesss ). Tiba-tiba aja, dapet duit. Entah Bapak yang tanpa basa basi babibu ngasih jatah bulanan tambahan, entah ibu yang habis dapet arisan, entah adek yang baru bongkar celengan terus pas gue minta eh dikasih (padahal biasanya pelit), atau juga tiba-tiba gaji les privat naik karena adek-adek privatku nilainya makin baik *asik. Pokoknya, itu semua berkat Alloh. Dan pastinya lewat usaha dan sedekah.

Pas gue lagi nulis ini artikel, temen gue, Weni, ngetag something di pesbuk. Dia lagi usaha jualan sepatu gitu. Moga laris yaa wen :* diskon dong! itu adalah salah satu usaha anak manusia buat nyari rejeki. Jadi mahasiswa mandiri. Nggak melulu ngandelin duit ortu. Nggak punya malu minta terus kayak gitu? (eh, irama “u” nya keren gitu *pft)

gue sebenernya pengen usaha-usaha kayak gitu. Tapi, kata Ibu, aku harus belajar “tega” dulu. Karena aku orang yang nggak enakan *katanya. Ntar kalo gue usaha trus diutangin tapi takut nagih, bangkrut dong. Soalnya, dulu waktu SMP gue pernah jualan pin. Nah, temen-temen banyak yang ngutang dan gue nggak berani nagih : | walhasil… minus. Pas SD juga pernah jualan kertas binder unyu-unyu. Beli selembar 200 perak, gue jual 500 (wahahaha tengil). Tapi karena yang beli lagi-lagi temen akrab, diutangin lagi, nggak berani nagih lagi… ah, cemen lu Kik !

but it doesn’t matter, banyak jalan, banyak cara, yang penting mau nyoba…

eh, gue jadi keinget temen-temen sejenis Arek, Huda, Rizkek, Thomas ama Fibo. Burhan juga, Pitty iya juga deh. Arek, Huda, Burhan cari rupiah lewat website gitu, ah, gue pernah diajarin tapi lupa. Pokoknya online gitu. Kalo Rizkek and Thomas ini bisa disebut mother of penelitian. Proposal penelitian mereka sering lolos, dana pun dapet banyak. Thomas juga punya usaha jualan pulsa+bantuin ternak lele di rumahnya. Fibo juga punya usaha jualan anak kucing ama barang-barang apa yang bisa dijual lewat jual beli online, hasilnya dia bisa beli smartphone meskipun dia nggak smart makenya -__- mana ada masang simcard kebalik, panic, ampe mau dibawa ke tokonya. Untung belum jadi dibawa. Mihihihihi.. pitty ini juga ratunya jualan, baju, jilbab, denger-denger tas ama dompet juga. Calon ibu rumah tangga yang baik. Apalagi kalo pas arisan *mbayangin Pitty jadi emak-emak hehehe*

gitu deh, sekelumit ketangguhan temen-temen gue dalam mencari sesuap nasi di burjonan. Semangat cari rejeki sendiri guys :* Moga berkah…

yang masih minta ortu mulu,
mau sampai kapan Nak? *uhuk


1 comments:

Anonymous said...

apa itu rezeki? Elemen apa aja yg termausk kategori rezeki? Tanpa memahami konsep rezeki, kemampuan atau lebih tepatnya kepekaan akan keberadaan rezeki menjadi lemah. Terlebih bila rezeki kemudian dimaknai secara sempit dengan pendapatan atau penghasilan. Lebih dipersempit lagi dimaknai sebagai uang. Coba dibahas lbh holistik (menyeluruh), bocah!

Post a Comment

Pages