image

Banyuwangi.. Seharum Kenangan Kita #1



Praktikum Lapangan Geografi yang terakhir bersama kalian…
Sedih itu ada. Tangis pun sempat meluap meski sering tertahan. Tapi, kenangan bersama kalian membuat senyumku tak henti terkembang





Kalau Jebraw udah jalan-jalan ampe Medan, kali ini edisi jalan-jalanku kembali ke Pulau Jawa. Jalan-jalan Ilmiah meeen. Soalnya, di sana kita penelitian. Banyuwangi.  Iya, Banyuwangi, daerah yang selama ini cuma ada di bayangan aja gara-gara ada orang yang sering mamerin. Berhubung ini adalah PLG Terpadu, dan bayanganku kita bakal kayak di acara Ethnic Runningman eh Runaway, so, aku udah berimajinasi bakal hunting foto macem-macem. Meski ternyata, kehidupan di sana nggak beda jauh dengan lingkungan rumah -__-  no problem, we’re still can have fun !

Perjalanan dimulai Hari Kamis, 30 Mei 2013. Naik bus lagi z(^_^)z  lalala yeyeye  ( I do really hate bus, actually -_- ). Berhubung udah janjian agak lama, jadilah temen duduk ku Si Nisa. Bisa ditebak apa kerjaan kita di bus. Tidur. Makasih. 

Tapi, pas malemnya, kita justru melek abis. Karena, temen-temen cowok pada stand up. Lumayan, Dodi bisa ganti-in Si Fico. Yang maju stand up ada Gigon, Fibo, Dodi, Rizqon, Tejo, Ari, Huda, daaaan Burhan : | Sejak kapan Burhan bisa nglucu ya. Nylekit sih iya. 

Pas Gigon maju, masih garing sih, maklum nggak ada persiapan. Ari dan Rizqon bahas tentang ke-tersesat-an mereka ketika akan menonton Drama di Taman Budaya Yogyakarta yang malah kesasar sampai ke Taman Budaya Purawisata ( lumayan lucu). Nah, yang paling pecah adalah saat Fibo dan Dodi maju. 

Fibo, yaaah dia sering nonton stand up jadi persiapannya lumayan, meski kadang kalo pas nglucu, belum sampai twist udah ganti lelucon lain. Bikin ngehek  ! Fibo bahas banyak hal, termasuk ngejekin Dodi gara-gara kemarin sakit dan nggak bisa pup+kentut. Padahal Dodi kan hobi kentut *Ampun Dod, aku bocahmu* 

Keesokan harinya, kita mampir sarapan di rumah makan jeng jeeeng.. gue lupa nama rumah makannya -_- tapi, pemandangannya baguuuuuuuuuuus buangeeeet. Foto-foto narsis, tetep. Cuma, karena waktu itu masih pagi dan cahayanya cerah banget, nggak semua kamera dan nggak semua orang bisa motret dengan maksimal. Aku berhasil motret ipung dengan background cukup bagus. Tapi giliran aku yang mau dipoto, terlalu cerah, terlalu gelap. Maaaakkkk.
Sebel (9*^*)9

good shot..



giliran gue yg dipoto :

what kind of lightning it is??!


Perjalanan lanjut ke Desa Kemiren, Desa Wisata di mana terdapat Suku Osing yang menjadi objek penelitian kami nantinya. Di sana kami disambut oleh Pak Lurah endegeng. Pas pembagian rumah, kami dapet rumahnya Bu Saniyah.

Bu Saniyah tinggal bersama suaminya. Anaknya di Surabaya. Nggak nyangka Bu Saniyah ini udah punya cucu, karena kalo diliet-liet beliau masih lumayan muda. Tradisi di Suku Osing emang nikah muda sih. Kita aja pas ditanya sama Bapak-bapak di sana, berapa umur kita, terus jawab “21 tahun” dibilang udah tua karena belum nikah (laaah, abang Lee Seung Gi belum ngelamar, Pak #eh).

Back to Bu Saniyah.. kata Pitty, beliau mirip ama ibunya. Ibu Saniyah ini heboh lho, lucu, ditambah nggak bisa bahasa Indonesia (ngerti doang), cuma bisa bahasa Osing aja. Tapi, lama-lama kita jadi bisa komunikasi. Aku juga sempet bikin kamus Bahasa Osing meski cuma dikit dan nggak tau salah apa bener.

Contoh :
Nggak apa-apa = sing paren-paren 
Elom = laper
Ikai = iki = ini ( Kata berakhiran “ i “ ditambah “ a “ . aku jadi sadar bahwa ALAY dan LEBAY berasal dari Suku Osing dimana kata dasarnya adalah ALI dan LEBI #oposih )
Polisai = polisi
Ngertai = Ngerti   
Wajang = cewek lelet  -_-

ulung/ hulung = dulu ( ex: madhang ulung = makan dulu ) 
Madhang = makan = untuk semua orang, tak pandang umur. Jadi, kadang kita ngajakin Bu Saniyah makan bareng sambil bilang “madhang Bu..” mulutku terasa kotor karena berkata tidak sopan. Tapi, kalau kita menggunakan bahasa yang lebih halus semisal “dhahar” kepada orang yang lebih tua, kita dianggap diskriminatif. Aneh.  ( _ ‘ _ ) #koprol #guebingung

Angka :
1 sijai
2 loro
3 telou
4 papat
5 limo
6 enam ( bukan enem )
7 pitou
8 wolou
9 songou
10 sepuloh

Baru berapa jam di sana aku berhasil memecahkan sedikit kode bahasa :D jadi kalo Bu Saniyah ngajakin becanda, gue ketawa beneran, bukan ketawa garing nggak ngerti. Oiya, aku serumah sama 10 cewek lainnya yaitu Weni, Muji, Tyas, Pitty, Dybora, Upik, Ragil, Ana daaaaan Nisa ( lagi ). Dan aku sekamar sama Weni, Ragil, daaaaan Nisa ( lagi lagi ).  

Hari pertama di sana, kita udah cari data. Selesai Sholat Jumat, cusss kita berburu ke rumah Narasumber. The first, Pak Said ( petani ) yang rumahnya epic banget gitu dan dijadi-in semacam museum (naksir kursi goyangnya nih :3 ). Trus ke rumah Mas Haidi, seniman Desa Kemiren sekaligus pengrajin biola dan pemusik Seni Gandrung. Di sana kita dihibur dengan permainan biola yang menggesek hati, hiks.. kata beliau, dalam kesenian Gandrung, musik yang dibawakan melankolis. Mas Haidi ini juga sering menampilkan musik Gandrung sama temen-temennya ke luar negri lho, salute..

Malem harinya, kita disuguhi tari Gandrung. Tari ini kayak tari-tari lain yang ngajak penonton buat ikutan joged kalo kena lemparan sampur si penari. Aku sih nggak kena lemparannya. Awalnya. Tapi, pas Pak Ketua Adat Suku Osing mengambil sampur, Gigon dan aku jadi korban peng-kalung-an sampur. Dan walhasil, kite joged bro. Gigon sih seneng joged sama penarinya. Lah gue?? But, lulusan SMP 3 Godean itu bisa nari kok #sombongbeud. Cuma yang bikin rada serem, ada sesuatu yang mistis pada ketua adat itu. I don’t know whatever this is, but, it scared me.

Setelah itu, kita balik ke rumah. Tetiba batukku menjadi-jadi. Kena deh omelannya Nisa gara-gara tadi sore sehabis cari data mampir di toko kelontong yang ada es krimnya #Nisagalak

Proses wawancara 
Narasumber : Pak Said ( baju coklat )


Baizil, Me, Resya, Ganang
Lokasi : Depan Rumah Pak Said yang Epic gitu





Hari kedua..
Postingan selanjutnya aja, kapan - kapan. Kalo sempet :v

9 comments:

Unknown said...

anjritt... aku anak osing tapi aku gak alay..
haha.:D

Akhwat Banyol said...

serius kamu anak Osing?? :D
di Desa mana nih??

Unknown said...

haha...iyaa anak laros (lare osing),
gak di desa juga koq, agak ke tengah kota, :D
kmaren ngapain disini, lagi kkn yahh..

Akhwat Banyol said...

ciyeeh ada singkatannya, Laros, keren juga.. :D
nggak, ada praktikum lapangan sambil penelitian, 3 hari doang jadi masih kurang, hehe

Unknown said...

wuehh..neliti apaan nih.?
emang kuliah mana.? keren bet..:D

Anonymous said...

"aku udah berimajinasi bakal hunting foto macem-macem di sana" adl hoax. Boro2 hunting foto serius, bikin foto narsis aja gagal gitu kok!

Akhwat Banyol said...

andri : penelitian sosial, ekonomi, ama budaya masyarakat.. hehe. kuliah di UNY.

orang tua : -__- yg motret bukan aku. sini deh, tak tunjukkin hasil jepretan ku :p

Unknown said...

nguyeb ee, laros alay jare.. sing paren paren wes... :D

Akhwat Banyol said...

aku nggak bilang laros alay..
mungkin alay berasal dari bahasa laros :p

Post a Comment

Pages