image

Why it must be geography, God?

wkwkwk, judul di atas adalah ratapan waktu pertama kali aku diberitahu oleh temanku, anis, bahwa aku BERHASIL diterima di Pendidikan Geografi unyil.

kalo yang laen jingkrak-jingkrak, nungging, nyebur kolam dan sujud syukur..
ekspresiku waktu itu sungguh tersiksa. antara bersyukur karena universitas itu *katanya* PTN favorit, dan antara "ngehek" alias tengsin karena "Geografi"

why it must be Geography, God?



aku merasa sangat salah masuk jurusan waktu itu. karena apa ? #ups
jujur, aku tidak suka IPS. ini pengakuan saya dari lubuk dan palung hati terdalam.
nilai IPS dari SD sampai SMP tidak pernah lebih dari 76 (alias mepet KKM)
hanya saat SMA saja nongol nilai 80 karena IPS yang kupelajari hanya sejarah+bu gurunya gak pelit nilai :)

(FYI, aku jurusan IPA = Ilmu Pengetahuan Abal-abal)

so, saat pengumuman SNMPTN dan masa-masa registrasi mahasiswa baru adalah masa-masa paling membingungkan. migraen gak sembuh2, masih setengah hati mau ngurus berkas2nya, dan seabrek kegalauan yang menyeruak dan tak kunjung sirna.

eniwei, aku tetap maju terus sebagai mahasiswa geografi [!]

selain sudah melluruskan niat dan berpositive thinking,
aku sudah menyiapkan hati tebal ( 2cm, di iris dadu, terus ditumis, emangnya farah queen?? !)

namun tetap saja, ada kerikil kerikil yang mengganjal semua itu

1st semester

aku ketemu sama ekonomi. prioritas utama kebencianku terhadap IPS adalah ekonomi. selain semua guru ekonomiku dari SMP-SMA tidak ada yang enak [?], aku tidak suka materinya. menghitung pajak, rumus-rumus aneh, grafik-grafik yang membingungkan, yakksssssss.. i hate it at all..
tapi, Alhamdulillah, dosennya sangat pandai dalam menyampaikan materi perkuliahan. gak hanya materi, bahkan, ada drama juga :D (ini ekonomi apa teater???)

but still, nilaiku hanya pas-pasan. aku sulit merubah ketidaksukaanku terhadap suatu hal.

ada juga praktik lapangan ilegal, yaitu pergi ke Dieng.
ya, memori yang CUKUP menyenangkan, karena di sana aku bisa tidak mandi selama 3 hari penuh :D
(adhem bos ! )
tapi tetep aja, banyak hal yang membuatku lesu di semester pertama ini.

(dulu) aku tak mengerti, kenapa saat kuliah masih harus belajar ekonomi, sosiologi, sejarah (aku suka sejarah tapi :P asekk), dan PKn ( way to go!). gak ada bedanya dong sama SMA ?
lambat laun, aku mulai mengetahui manfaatnya. karena geografi tidak akan pernah lepas dari perekonomian, sejarah, dan sosiologi :) selain karena geografi itu sendiri ternyata FULL ilmu fisik alias IPA banget -,-"

tapi, IPK ku semester ini benar-benar standar. 0,02 di bawah standar cumlaude (nanggung banget! -__-")



2nd semester

busyeettt, semester ini membuatku tidak berangkat kuliah selama 1 minggu full gara-gara tepar.
25 sks, 2 praktikum, 1 PLG (Praktek Lapangan Geografi) fisik ! inget, FISIK !!!
PLG paling melelahkan diantara 3 PLG lainnya selama menjadi mahasiswa Geografi.

alhasil : tepar setepar-teparnya. sering pulang malem, begadang ngerjain tugas, pola makan amburadul, dan kesalahan-kesalahan lainnya yang ku lakukan membuatku sakit.

geografi tanah dan hidrologi yang banyak IPAnya, malah membuat nilaiku semakin pas-pasan, meskipun IPK ku merangkak, berjalan, berlari.
kartografi alias pemetaan yang bikin puyeng 16 bintang tujuh kian menambah penderitaan ku (lebay)
bahkan, aku pernah membolos jam pertama gara-gara aku belum selesai mewarnai petaku yang harsu dikumpulkan saat jam kedua.
hahah.. ish, nakal s'kali budak ni (gaya Kak Ros)

adaptasi yang melelahkan.. piuhhh


3rd semssester, semeter, sesenter?? semester !

yayayayyayaya...
semester ini saya sudah mulai terbiasa pulang malam, bahkan nginep di kost temen.
biasa untuk menjaga pola makan,
biasa untuk nglembur tugas sampe malem.
dan TETAP SAJA jatuh sakit -___-"

well, semester 3 ini mata kuliahnya agak serem.
ada demografi (bikin laporan kependudukan yang kayak skripsi)
kosmografi ( eh, ini aku suka :D fisika ku gak mubadzir :p)

berarti yang menyeramkan hanya demografi (hanya??!!! #hakdess)
meskipun nilaiku tak serendah yang kubayangkan, tetap saja, demografi bikin grogi -,-"

kosmografi, sebagai (mantan) anak IPA aku tidak boleh tidak suka dan tidak boleh mendapat nilai rendah.
hasilnya? terima kasih bu dyah.. muach.. (ekspresi bu dyah : huexxxxxxx)


oke, IPK semester 3 juga gak bikin nangis berdarah-darah. sehingga, IPK semester ini aku jadikan modal untuk pengajuan beasiswa PPA (dapet Ya Alloh, aamiin :D wishful )

semester 4?? alias 4th semester..

how is it goin'??

mengerikan sebenarnya, sebab ada statistik dan 3 mata kuliah ber-SKS 3 !!!!
sungguh, harus ekstra bersabar :D
well,
semoga IPK saya naik terus dan dapet ilmunya..
modal saya hanya DUIT

(Do'a, Usaha, Istiqomah, Tepar.. eh,  Tawakkal dong )


menjawab ratapan anak tiri tadi : why it must be Geography God??
ternyata memang inilah jalan saya.
saya sudah merasa nyaman dan "legowo" di sini.
dengan teman-teman yang lebay tapi tidak alay.
dengan ilmu-ilmu yang membuat mata saya semakin terbuka lebar (ihh, ngeri) dan haus ilmu
dengan pengalaman-pengalaman yang membuat saya semakin dewasa dan bijak (tapi tetap childish !)
dan dengan segala nikmat dan Ridho-Nya yang selalu mengalir tanpa henti..

i've found the way :)
beribu syukur ku ucapkan padaMu,
You always know what i need, eventhough i always get insane with what i want.



_curahan hati di tengah mengerjakan tugas Geografi Budaya :D_

0 comments:

Post a Comment

Pages