image

ngrumpi di kampus


Hari ini pertama kali gue masuk kuliah setelah tepar di rumah selama 5 hari. Parahnya, gara-gara kelamaan di rumah, gue jadi males kuliah :Astaghfirullah...

But, ada beberapa hal yang gue rindukan di kampus, salah satunya saat gue sama temen-temen ngomongin soal negara (ceileee, gaya loe pada :p). Gue heran, kalo cewek-cewek lain kumpul tuh ya, biasanya pada ngomongin cowoooook mulu, kayak gak ada spesies lain yang bisa digosipin. Nah, gue sama temen-temen itu sok intelek banget deh, isi gosipannya masalah-masalah negara gitu :D
Beberapa hal yang kite ributin :
Indonesia itu negara maritim, lautnya luaaaaaassss buanget. Tapi, kenapa kita import garam? Garam aja di import?? Heloooooo, ini pemerintah yang bego atau rakyatnya?? (termasuk gue-_-“)

Indonesia juga negara Agraris, kenapa musti import beras dari Thailand? lahan pertanian di Indonesia tuh masih jauh lebih luas daripada di Thailand. Kenapa ???
Kenapa Indonesia banyakan ngimport?? Mulai dari peniti sampe pemain sepakbola, semua ada produk importnya. (Peniti aja merknya made in China!!! Masya Alloh. Katanya Indonesia tuh ssering juara olimpiade, masa’ peniti aja ngimport dari China? )
Yang menang olimpiade fisika, tolong ya bagi yang merasa, bisa nggak ciptain pembangkit listrik dari sumber daya sekitar? Kayak sungai di Jakarta tuh, Si Ciliwung. Bisa dibikin kincir air gak? Jadi pas banjir tuh ada dampak positifnya : listrik melimpah!! Kan pas banjir debit airnya gedhe tuh.
(ocehan mahasiswa kelas teri : mencari peluang dibalik bencana tanpa mempertimbangkan topografi dan kecuraman lereng !! stres)
Terus para peneliti tuh pada kemana ya? ahli kimia, geologi, geomorfologi.. kita semua tau kalo Indonesia punya peneliti-peneliti yang handal dan tenaga kerja yang terampil. Tapi kenapa? Papua masih dijajah sama Freeport, industri migas dikuasai asing, Sumber Daya Alam Mineral disedot sama negara-negara Barat, kenapa?? Pada kemana para peneliti itu? Oh, rupanya mereka tidak dihargai di sini. Karena pemerintah lebih peduli sama sepakbola daripada mencari cara bagaimana supaya SDA Indonesia bisa dimanfaatkan optimal untuk rakyat. Lebih milih membiayai sepakbola daripada proyek penelitian para scientist  Indonesia. Akibatnya, para peneliti itu tergiur untuk bergabung dengan pihak asing, sebab justru pihak asing lebih care dan mau membiayai penelitian yang mereka lakukan. See? Indonesia makin miskin, negara asing makin makmur.
Kenapa Indonesia jadi kayak gini? Gemes banget ya, unyu unyu deh pemerintah tuh. Meski tidak semua pemerintah jelek, tapi kalo lama-kelamaan kayak gini terus, kita jadi bangsa yang manja. Import ini itu. Huh.
Apa yang mesti diubah? Mindset masyarakatnya dulu?
Masyarakat Indonesia itu sasaran empuk para produsen luar negri. Kita adalah pangsa pasar yang sangat bagus. Kenapa? Penduduk kita banyak, penghasilan heterogen (ada yg kayaaaa banget, ada yang miskiiiiin banget, ada yang miskin tapi sok borjuuu banget, semua ada), dan yang paling penting adalah : penduduk kita banyak yang konsumtif.
Liet aja para spesies yang ngakunya cewek gaul, atau ibu-ibu gaul, atau semi cowok-cowok alias ABG zaman sekarang. Makin lama makin parah. Kemakan mode. Model baju tiap tahun diikuti terus. Tas-tas harus yang ber-merk. Sepatu musti yang udah punya “kelas” tersendiri.  Perasaan semua baju sama, yang penting nutupin badan! Ups, baju mereka kan justru yang gak nutupin badan. Dan justru pakaian kayak gitu yang banyak dipake dan yang paling mahal.
Merek ayang bego atau kita yang kuper ya?
Terus di tengah-tengah masalah kayak gitu, kenapa Om Susilo sempet-sempetnya nyiptain lagu? Nyanyi-nyanyi kayak gitu? Saat rakyat menjerit, beliau malah nyanyi? :nohope
Kenapa pak presiden yang lulusan pertanian IPB dan bergelar doktor itu justru menciptakan lagu dan bukan menciptakan kemajuan pertanian? Beri bibit unggul ke petani-petani, stop pembangunan di lahan pertanian, optimalkan pertanian lahan kering (jadi pas musim kemarau pun kita bisa tetep produktif). Kenapa?

Itu hanya sekelumit pertanyaan yang merasuki otak gue sama temen2. Kita bingung musti nglakuin apa. Kita baru jadi mahasiswa. Demo? -__-“ kurang efektif, pemerintah udah eneg liet mahasiswa demo. Trus bertindak macam apa? Kami hanya bisa menuangkan ide lewat tulisan karena belum bisa membuat kebijakan.
 Ironisnya, masih banyak rakyat yang punya konstruksi pikiran : gak usah pusing mikir negara, udah ada yang mikir.
Heloooo, loe ikhlas apa negara kita diserahin sama orang-orang skeptis  and cuek kayak para petinggi itu? Primitif banget kalo ada yg mikir kayak gitu mah.
Gue dan temen-temen emang bukan siapa-siapa (setidaknya belum), emang masih bau kencur, baru kemaren lulus SMA (bo’ong bgt), tapi setidaknya kami masih punya rasa respect dan kritis. Setidaknya kami juga memikirkan solusi tidak hanya mengkritisi.
Tamat.
Besok lagi terusin gosipnyaaa

0 comments:

Post a Comment

Pages